Bahaya Rokok Bagi Kesehatan, untuk Si Perokok Aktif Maupun Pasif

Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk melepas penat atau stress yang menganggu dirinya, salah satunya adalah dengan jalan merokok, memang bukan hal yang baru lagi di Indonesia jika rokok termasuk produk yang bisa ditemukan secara mudah, dijual secara bebas dengan harga yang sangat murah, jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Hal inilah juga yang membuat masyarakat, bahkan tak memandang usia, baik itu orang dewasa ataupun anak-anak sering kali menyalahgunakannya. Padahal di balik nikmat yang dirasakan sesaat ada banyak sekali bahaya rokok yang mengintai Anda.

Mungkin hal tersebut tidak dirasakan sekarang, melainkan nanti dalam jangka waktu beberapa tahun efeknya baru akan terasa bagi kesehatan. Rokok merupakan sebuah produk yang dibuat dari bahan dasar tembakau, diolah menggunakan beberapa jenis senyawa yang bisa memicu reaksi adiktif. Sehingga kebanyakan diantara mereka yang sudah mulai mengkonsumsi akan kecanduan dan sulit untuk berhenti menggunakan rokok tersebut.

Baca juga: Dampak Bahaya Rokok Untuk Masa Depan Anda Dan Juga Keluarga

Patut diketahui beberapa macam bahaya rokok bagi kesehatan, diantaranya adalah:

  1. Memicu penyakit kanker, bukan rahasia lagi jika sebagian banyak diantara zat yang terkandung dari rokok ini bersifat karsinogenik, yaitu dapat memicu timbulkan kanker, itulah mengapa berbagai jenis kanker, baik itu paru-paru, perut, hingga tenggorokan sangat mudah menjangkiti mereka yang mengkonsumsi rokok, apalagi dengan jumlah yang sudah diatas angka normal.
  2. Meningkatkan resiko keguguran, faktanya memang bukan hanya pria saja, banyak diantara wanita yang juga memiliki kebiasaan kurang sehat tersebut. Bahkan tak hanya di saat mereka tidak mengandung, melainkan juga ketika hamil, senyawa yang terkandung dalam rokok bisa menganggu fungsi rahim, salah satunya menyebabkan keguguran bagi wanita hamil.
  3. Menimbulkan perubahan warna pada gigi, kuku dan juga bibir, sebagian besar diantara orang-orang yang merokok memang bisa dilihat secara jelas karakteristiknya, yaitu memiliki gigi menguning, kemudian juga bagian kuku dan bibir yang warnanya menghitam, hal ini disebabkan karena senyawa tart yang ada dalam rokok, juga mengindikasikan tubuh tidak sehat.
  4. Meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, organ tubuh yang satu ini menjadi bagian yang sangat vital. Bagi beberapa orang yang merokok hal ini bisa memicu jantung tidak sehat, aliran darah tidak lancar dan berlanjut menjadi darah tinggi, hingga terkadang serangan jantung mendadak.
  5. Resiko penyakit stroke, penyakit ini disebabkan karena aliran darah ke otak yang tidak lancar, hingga otak kekurangan oksigen, hal inilah yang menjadi penyebab kematian paling tinggi, sehingga patut untuk diwaspadai.

Hal lainnya yang harus diketahui bahwa bahaya rokok tidak hanya mengintai perokok pasif saja, melainkan juga perokok aktif, orang-orang yang ikut serta dalam menghirup asap yang dikeluarkan oleh perokok aktif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *