Tips Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir Agar Tidak Stress Mengerjakan Skripsi

Ada banyak alasan yang membuat seseorang memutuskan untuk lanjut pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dan menyandang status sebagai seorang mahasiswa, diantaranya adalah untuk mendapatkan gelar yang lebih tinggi, tentunya berperan juga dalam memudahkan mereka untuk dapatkan posisi di dunia kerja nantinya. Hanya saja tingkat pendidikan di perguruan tinggi agaknya juga berbeda dibandingkan dengan jenjang sekolah menengah, mengingat mata kuliah yang dipelajari sudah terasah di beberapa jurusan, belum lagi dengan jangka waktu untuk lulus yang tak bisa dipastikan.

Ada kalanya mereka yang belajar secara rajin maka akan lulus mendahului teman-temannya. Namun tak jarang juga beberapa diantaranya yang molor, tak kunjung lulus hingga lebih dari 4 tahun waktu normal yang diberikan untuk mengenyam pendidikan strata satu ini. Tentunya ada banyak sekali alasan yang menyebabkan kelulusan menjadi tertunda, sering bolus kuliah, kemudian juga faktor cuti hingga yang paling sering adalah mengerjakan tugas akhir, entah itu dikarenakan diri sendiri ataupun dosen pembimbing.

Untuk itu berikut ini setidaknya ada beberapa tips bagi mahasiswa tingkat akhir yang tengah mengerjakan skripsi agar tak mudah stress dan bisa lulus tepat waktu, diantaranya adalah:

  1. Buatlah jadwal, salah satu keuntungan ketika sudah memasuki tingkatan atau semester akhir adalah tak ada mata kuliah lain yang diprogram selain TA. Hanya saja justru hal ini yang menyebabkan malas datang ke kampus, karena jadwal bimbingan yang tidak teratur. Untuk itu ada baiknya membuat jadwal, prioritaskan beberapa hari dalam seminggu untuk bimbingan, begitu juga dengan progress yang harus dicapai.
  2. Selingi dengan mencari hiburan, misalnya adalah berwisata, mengerjakan tugas akhir pada dasarnya memang tak hanya menguras tenaga saja, melainkan juga pikiran, banyak diantaranya yang mengalami stress. Untuk itu jangan terlalu memforsir diri, ada baiknya ketika Anda menyelinginya dengan liburan ke obyek wisata alam yang menenangkan.
  3. Jangan terlalu idealis mengambil tema penelitian yang sulit, lebih baik memprioritaskan kecepatan dalam menyelesaikan tugas tersebut atau jika tidak kemampuan Anda dalam menyelesaikannya. Hal ini jauh lebih diutamakan dibandingkan dengan memilih tema bagus namun tak kunjung selesai.
  4. Bisa diimbangi dengan mulai mencari pekerjaan, agar setelah lulus tak menganggur terlalu lama, maka di sela-sela skripsi bisa memulai untuk mencari pekerjaan, banyak sekarang ini perusahaan yang bisa menerima mahasiswi tingkat akhir untuk bekerja. Hal ini secara efektif bisa mengoptimalkan waktu Anda, mengingat semester akhir sudah tak banyak diisi dengan kuliah lagi, sehingga bisa dimanfaatkan untuk menambah pemasukan.

Itulah beberapa cara yang bisa mahasiswa lakukan agar tak mudah stress di tengah tugas akhir. Bahkan dengan memanfaatkan hal-hal tersebut akan sangat bermanfaat mengisi waktu luang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *