Simak Tips Tepat Hindarkan Pergaulan Bebas dari Putra Putri Anda

Anak yang akan memasuki usia dewasa atau biasa disebut dengan ABG, merupakan individu dengan rasa ingin tahu yang sangat besar. Oleh karenanya sangatlah wajar, jika segala sesuatu yang mereka temui, ingin selalu dicoba dan dirasakan. Bahkan dalam kehidupan pergaulan keseharian mereka pun, berbagai hal pastinya dapat membuat diri mereka merasa penasaran dan menginginkan untuk mencobanya. Hal inilah yang terkadang dapat membuat rasa kekhawatiran tersendiri dalam diri orang tua, jika putra putri mereka terjebak dalam pergaulan bebas yang dapat membawa efek negatif bagi kehidupan masa depan. Kekhawatiran inilah yang secara umum menjadi dasar para orang tua untuk menetapkan berbagai aturan dalam keseharian putra putri mereka.

Namun tahukah Anda, bahwa sebagai orang tua, menetapkan aturan terlalu ketat pada putra putri kita pun, akan membawa dampak yang negatif pada sisi psikologis mereka. Bahkan peraturan yang terlalu ketat dapat membentuk jiwa pemberontak dalam diri mereka. Melihat efek negatif dari peraturan yang terlalu ketat inilah, sudah sewajarnya kita sebagai orang tua, mempertimbangkan kembali dalam membentuk dan memberikan peraturan bagi putra putri kita. Pertimbangkanlah berbagai faktor termasuk sisi psikologis dalam diri mereka.

Baca juga: Memiliki Pendirian Yang Kuat Salah Satu Cara Agar Terhindar Dari Pergaulan Bebas

Berikut ini beberapa pertimbangan yang mungkin dapat Anda gunakan dalam menetapkan peraturan bagi putra putri yang beranjak dewasa, agar tidak terjebak dalam sebuah pergaulan bebas, yang antara lain adalah:

  • Posisikanlah diri kita sebagai orang tua sebagai seorang anak, dalam menetapkan peraturan, sehingga nantinya rasa empati dan simpati akan timbul dalam diri Anda, disaat menetapkan peraturan tersebut.
  • Pahamilah sisi kehidupan putra putri Anda, dan coba selamilah kehidupan mereka bersama dengan teman-temannya.
  • Tetapkanlah aturan bersama dalam keluarga, secara musyawarah agar kita lebih memahami dan dapat menerima pertimbangan putra putri kita, sehingga peraturan yang lebih longgar pun dapat Anda bentuk dengan baik.

Meskipun peraturan yang ditetapkan oleh orang tua akan memberikan dampak yang cukup bagus dalam kehidupan para remaja, namun akan lebih disarankan bagi Anda para orang tua, untuk dapat membentuk kedekatan diri dengan putra putri Anda, dan mengajarkan rasa tanggung jawab sejak dini. Dengan kedekatan dan rasa tanggung jawab yang telah terbentuk inilah, nantinya peraturan pun tidak harus Anda buat, karena putra putri Anda telah mengerti dengan sendirinya mana yang baik dan tidak untuk dilakukan.

Membekali putra putri Anda dengan dasar kehidupan agama pun harus dilakukan sejak dini, sehingga tidak hanya kehidupan penuh tanggung jawab, namun karakteristik orang beriman pun akan dapat terbentuk dengan sendiri. Oleh karenanya marilah sejak dini menerapkan pola-pola asuh yang agamis dan bertanggung jawab bagi putra putri kita, agar pergaulan bebas pun tidak mereka kenal dalam kehidupan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *