Pola Hidup Sehat Menurut Islam

Pada umumnya pola hidup sehat dimanapun sama saja. Karena memang kebutuhan akan hidup sehat itu diinginkan setiap orang. Studi  penelitian tentang hal ini juga dilakukan diberbagai negara sampai saat ini. Tujuannya adalah mendapatkan pola yang terbaik. Disisi lain, islam sudah memikirkan hal ini sejak dahulu kala. Terlepas dari disetujui atau tidaknya, berikut adalah pola hidup sehat menurut islam.

  • Segerakan tidur, cepat bangun

Menurut islam melalui Rosululloh, waktu tidur paling baik itu setelah shalat isya.  Kemudian bangun sekitar jam 3 untuk melalukan shalat malam. Ada hal yang spesifik yang dicontohkan mengenai posisi tidur. Posisi yang paling baik adalah menghadap ke kanan. Entah apa pertimbangannya, tapi tentu saja itu merupakan pilihan terbaik untuk mendapatkan hidup sehat.

  • Menjaga pola makan

Ada pola khusus yang biasa dilakukan oleh Rosululloh, yaitu beliau selalu makan di saat lapar dan berhenti sebelum kenyang. Ini memang harus dilakukan. Ketika kita makan pada saat tidak lapar, yang terjadi adalah penimbunan. Lapar sesungguhnya indikator alami untuk menunjukkan bahwa tubuh butuh asupan. Pertanyaan selanjutnya adalah kenapa berhenti sebelum kenyang. Ketika kita berhenti makan pada saat kenyang bahkan sering kali kekenyangan, kita akan malas bergerak. Bahkan cenderung mengantuk. Kalori yang berada dalam tubuh yang seharusnya dibakar melalui aktifitas bergerak yang aktif tidak maksimal dilakukan. Akhirnya terjadi penimbunan kalori berlebih yang akhirnya berbentuk timbunan lemak. Satu sisi resiko kita kegemukan menjadi tinggi. Disisi lainnya membuat kita malas beraktivitas.

  • Puasa

Dalam islam  berpuasa adalah suatu hal yang sering didengar. Bahkan puasa sebulan penuh biasa dilakukan di bulan ramadhan. Apakah itu cukup ? Tidak. Di luar bulan ramadhan pun umat islam dianjurkan untuk berpuasa. Dengan berpuasa maka kita memberikan kesempatan bagi organ– organ tubuh yang bertugas untuk mencerna makanan, untuk beristirahat. Karena memberikan waktu untuk beristirahat di luar waktu normal yaitu saat tidur, maka kesehatan organ pencernaan akan lebih terjaga.

  • Menjaga kebersihan

Untuk hal ini rasanya sudah sangat umum. Kebersihan memang memberikan pengaruh yang sangat luar biasa terhadap kesehatan. Dalam islam bahkan disebutkan bahwa kebersihan itu sebagian dari iman.

  • Olahraga

Sama halnya dengan kebersihan,olahraga juga memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap kesehatan. Oleh karena itu islam juga menganjurkan untuk berolahraga rutin. Hal ini dicontohkan oleh Rosululloh dengan mengikuti berbagai perlombaan olahraga.

  • Bekam

Bekam adalah terapi kesehatan yang dianjurkan dalam  islam. Cara kerjanya adalah mengeluarkan darah kotor. Darah kotor tersebut akan menjadi racun yang akan mengganggu kesehatan. Rosululloh rutin melakukan terapi bekam.

Demikianlah beberapa pola hidup sehat yang dianjurkan islam melalui Rosululloh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *