Inilah Beberapa Dampak Buruk Bagi Kesehatan Jika Tidak Menjaga Kebersihan

Saat ini, banyak sekali macam-macam penyakit yang sering menyerang kekebalan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran manusia dalam menjaga kebersihan. Baik itu kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan yang sedang ditempatinya. Akibatnya, akan mudah mendapatkan dampak buruk bagi kesehatan. Dan beberapa dampak yang sangat buruk tersebut adalah munculnya beberapa penyakit yang sangat berbahaya.

Untuk menjaga kesehatan diri, bisa juga dilakukan dengan rutin berolahraga. Olahraga sangatlah penting bagi kelangsungan hidup Anda. dengan berolahraga, racun-racun yang sudah mengendap didalam tubuh akan keluar melalui keringat. Juga menjaga tubuh Anda agar tetap terlihat awet muda. Dengan berolahraga, badan juga akan terlihat lebih proporsional. Olahraga juga membuat badan terlihat bugar.

Selain dengan berolahraga, Anda juga harus menjaga kebersihan. Mulai dari menjaga kebersihan diri yaitu dengan mandi dua kali dalam sehari. Selain mandi, juga harus rutin menggosok gigi. Mungkin adalah hal yang sepele, tapi perlu diperhatikan dengan sangat baik. Karena gigi terhubung dengan beberapa syaraf yang menyalur ke otak, ataupun mata. Dengan begitu, jika tidak rajin menggosok gigi akan berakibat tidak baik.

Inilah beberapa dampak buruk bagi kesehatan jika tidak menjaga kebersihan:

  • Malaria. Penyakit berbahaya yang paling mudah menyerang tubuh manusia akibat tidak menjaga kebersihan adalah malaria. Malaria adalah penyakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Yaitu jenis nyamuk Anopheles. Nyamuk ini memasukkan parasit jenis plasmodium, yang bisa menyebabkan penyakit malaria.
  • Diare. Penyakit diare ini disebabkan oleh adanya kuman, bakteri, virus, serta beberapa mikro organism yang ada dalam tubuh. Diare ini biasanya terjadi karena tidak menjaga kebersihan saat hendak memakan makanan. Atau bisa juga karena alergi pada makanan tertentu. Akibatnya pencernaan terganggu dan muncul penyakit diare.
  • TBC. Penyakit ini disebabkan oleh adanya bakteri Mikro Bakteria. Penyakit TBC ini sangat mudah menular pada orang lain melalui udara saat penderita sedang batuk. Penyakit ini sangat mudah menyerang semua kalangan manusia, baik anak-anak, ataupun orang tua. Dengan begitu, sebaiknya dijaga baik-baik anak Anda. Pastikan berada di lingkungan yang bersih.
  • Flu burung. Penyakit ini disebabkan oleh virus H5NI. Penyakit ini juga termasuk penyakit yang sangat berbahaya serta bisa menular. Salah satu cara agar terhindar dari penyakit flu burung adalah dengan menjaga kebersihan ternak unggas. Karena virus ini berasal dari unggas yang tidak terjaga kebersihannya.

Itulah beberapa dampak buruk yang akan menyerang kesehatan Anda jika tidak menjaga kebersihan. Maka dari itu, jagalah kebersihan agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya yang sangat mematikan. Dan juga banyak sekali penyakit yang mudah menular. Jadi Anda juga harus menjaga kestabilan system kekebalan tubuh Anda agar tidak mudah tertular penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *