Film Anak Sekolahan yang Akan Buat Anda Bernostalgia

Film tidak hanya dipergunakan sebagai media untuk hiburan namun juga dipergunakan untuk membuat kenangan jaman atau masa tertentu bisa ditangkap oleh penonton sehingga bisa menjadi suatu memori yang berkesan. Banyak jenis film yang ada di Indonesia atau di luar negeri dengan tema tertentu dan salah satunya adalah dengan tema anak sekolahan. Berikut ini adalah jenis film berlatar belakang sekolahan yang akan membuat Anda bernostalgia.

Pertama adalah Dead Poetry Society. Film yang ditayangkan di tahun 1989 ini mengambil latar belakang tahun 1959 di asrama konservatif elit yang bernama Welton Academy. Film yang dibintangi oleh Robin William ini mengisahkan mengenai guru bahasa Inggris yang bernama John Keating yang menggunakan pengajaran puisinya mampu untuk membantu muridnya dalam menghadapi berbagai macam tekanan dan mampu mengejar mimpi mereka. Film box office ini banyak diterima bukan hanya mengenai latar belakang mengenai anak sekolah yang ada di akademi itu namun juga cara atau perjuangan guru untuk muridnya.

Baca juga: Kebiasaan Anak Sekolah Dahulu Yang Bikin Kangen

Kedua adalah AADC. Ada Apa dengan Cinta yang dikeluarkan di tahun 2002 menjadi film anak sekolahan asli Indonesia yang sukses di Indonesia. Film yang butuh waktu hingga 10 tahun untuk memutuskan apakah ada season kedua untuk AADC2 atau tidak ini mengisahkan hubungan antara Cinta dan Rangga serta kehidupan sekolahnya. Di awal tahun 2000an film ini sukses membuat remaja kala itu terbawa perasaan saat melihat adegan yang ada di AADC.

Ketiga adalah Scool of Rock yang beredar di tahun 2003. Film komedi asal Amerika ini mengisahkan mengenai Dewey Finn yang diperankan oleh Jack Black yang merupakan vokalis dan gitaris band rock yang dikeluarkan. Dewey kemudian menyamar menjadi guru pengganti di sekolahan elit dan akhirnya diapun membentuk bank rock agar ikut dalam kompetisi. Film garapan Richard Linklater ini menyajikan kehidupan guru dengan pengajaran yang anti mainstream dan diberi bumbu komedi sehingga membuat siapa saja terhibur saat melihatnya.

Deretan film lainnya yang bercerita dan berlatar belakang anak sekolahan yang akan buat Anda bernostalgia adalah:

  • Catatan Akhir Sekolah di tahun 2005. Film yang merupakan adaptasi dari buku yang sama yaitu Catatan Akhir Sekolah ini disutradarai Hanung Bramantyo. Vino G Bastian, Marcel Chandrawinata dan Ramon Y Tungka memutuskan membuat film dokumenter tentang sekolahnya yang akan ditayangkan di pentas seni. Banyak cerita yang akan tersaji saat proses tersebut termasuk kisah cinta masa SMA.
  • High School Musical tahun 2006. Film produksi Disney ini mengisahkan 2 siswa SMA yang saling bersaing yaitu Troy Bolton dan Gabriella Montez untuk mengambil posisi utama di pertunjukan SMA. Film ini menunjukkan perjuangan untuk mencapai tujuannya dan mengatasi banyak tekanan hingga pertunjukan musikal tersebut sukses.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *