Simak Beberapa Keuntungan dari Berbisnis Melalui Sosial Media

Semakin hari semakin banyak orang yang memutuskan untuk berbisnis karena dengan berbisnis atau membuka usaha tersebut waktu yang digunakan bisa lebih fleksibel dan tidak terikat dengan pihak tertentu. Ada banyak cara yang digunakan untuk berbisnis dan salah satunya yang kini banyak digunakan adalah menggunakan sosial media. Media sosial yang biasanya digunakan untuk berbagai cerita atau informasi dengan teman kini digunakan sebagai partner bisnis.

Terdapat beberapa keuntungan mengapa menggunakan media sosial sebagai partner bisnis. Pertama adalah karena hampir setiap orang memiliki akun di medsos tersebut. Saat ini banyak jenis media sosial yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kenyamanan penggunaan. Tidak jarang 1 orang memiliki lebih dari 1 akun di medsos yang sama. Karena hal tersebut maka dengan menggunakan medsos tersebut orang lebih mudah untuk menemukan toko Anda apalagi jika toko Anda memiliki nama atau ciri khas yang berbeda dari orang lain.

Kedua adalah sebagai sarana promosi yang lebih murah. Penggunaan sosial media bisa menjadi sarana promosi yang efektif. Ada yang bisa beriklan dengan gratis namun ada juga yang premium atau membayar pihak penyedia atau platform media sosial tersebut atas iklan yang ditayangkan. Di platform media sosial Anda bisa memilih untuk menayangkan kapan iklan yang Anda buat tersebut. Efektifitas dari media sosial tersebut disebabkan sudah banyak orang yang menggunakan media sosial yang bahkan memiliki akun lebih dari 1. Sehingga, jika semakin banyak orang yang memiliki akun media sosial maka kemungkinan toko atau bisnis tersebut agar dikenal lewat media sosial juga lebih banyak.

Ketiga adalah sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan konsumen. Terkadang konsumen akan menanyakan langsung barang yang dijual di tempat tersebut dan dari pertanyaan atau tanya jawab yang dilakukan tersebut akan mempengaruhi penilaian atau putusan akan membeli barang di tempat tersebut atau tidak. Karena hal tersebut sebisa mungkin Anda memiliki admin media sosial yang ramah dan tahu mengenai barang yang dijual di tempat tersebut agar konsumen merasa puas dan memutuskan untuk membeli barang di tempat Anda.

Keempat adalah mengetahui trend yang sedang berlangsung apalagi jika Anda memiliki bisnis yang berkaitan dengan fashion dimana trend fashion berkembang dengan sangat pesat. Ada banyak jenis sosial media yang ada di Indonesia dan masing-masing platform tersebut memiliki trend yang berbeda. Anda bisa mengikuti masing-masing media sosial tersebut dan kemudian menjadikannya sebagai salah satu pertimbangan untuk menciptakan produk baru atau memberikan tantangan misalnya membuat video yang bertemakan pahlawan. Agar penggunaan media sosial lebih maksimal, maka Anda juga harus melakukan update secara rutin dan mengecek medsos Anda agar konsumen yang melihat medsos Anda tidak merasa bosan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *