Tips Sederhana Terhindar dari Dampak Buruk Asap Perokok

Jumlah perokok di negeri ini tak terhitung lagi. Perokok aktif atau perokok yang secara langsung menghisap asap rokok, pada saat ini tidak hanya dilakukan oleh kalangan orang dewasa saja. Anak-anak kecil di beberapa daerahpun sudah mengenal rokok, bahkan sudah mulai merokok. Rokok mengandung nikotin yang dapat membuat pemakainya menjadi kecanduan, tak heran jika mereka terus merokok dan sulit untuk menghentikannya. Merokok mempunyai dampak buruk terhadap kesehatan. Meskipun beberapa perokok aktif mengetahui dampak yang akan dialami, namun hampir semua perokok masih tetap merokok dengan berbagai alasan.

Bahaya merokok sudah disebarluaskan disemua lapisan masyarakat. Mulai dari iklan layanan masyarakat, poster, bahkan di kemasan rokok sudah dicantumkan bahaya dari penggunaan rokok beserta gambar. Banyak orang yang suka terhadap rokok, banyak juga orang yang kontra terhadap rokok. Bagi orang yang tidak suka rokok, besar kemungkinan mereka akan menjaga jarak dengan perokok dan asap rokok karena mereka memahami betul apa dampak yang akan dirasakan.

Baca juga: Gaya Hidup Tak Sehat Memberikan 4 Dampak Buruk Berikut

Orang yang menghirup asap rokok disebut juga perokok pasif. Dampak asap rokok bagi perokok pasif justru lebih berbahaya dibandingkan dengan perokok aktif. Permasalahan di sini adalah sulitnya menghindari asap rokok karena banyak orang yang merokok di lingkungan sekitar. Seperti contoh ketika ada perokok aktif di dalam rumah, angkutan umum, dan tempat-tempat umum lainnya yang tidak terlepas dari para perokok aktif. Supaya terhindar dari dampak buruk asap rokok, ada baiknya mencoba tips berikut ini:

  • Tegur dengan sopan anggota keluarga yang merokok

Bagi para pecandu rokok, sangat sulit untuk menghentikan penggunaan rokok. Seandainya bisa, mungkin akan membutuhkan waktu yang lama. Memaksa anggota keluarga untuk berhenti merokok, mungkin bisa berdampak butuk pada hubungan di dalam keluarga. Untuk itu, biarkan mereka tetap merokok namun berikan ruang tersendiri untuk merokok atau bisa juga menyuruh mereka untuk merokok di luar rumah, dan tentunya gunakan bahasa yang sopan kepada mereka. Jangan membentak dan berkata kasar, karena bagaimanapun mereka adalah anggota keluarga.

  • Menjaga jarak dengan para perokok

Jaga jarak aman dengan para perokok aktif merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan. Terutama jika sedang berada di tempat umum. Menegur dan mencegah seseorang untuk merokok di tempat umum dapat memicu keributan, terlebih jika orang tersebut memiliki temperamen yang kurang baik. Sebaiknya menghindari duduk secara berdekatan dengan perokok aktif jika harus berada dalam satu ruangan. Namun jika ada tempat lain untuk duduk, sebaiknya berpindah tempat ke tempat lain.

Dari paparan di atas, semoga dengan langkah sederhana tersebut dapat meminimalisir dampak buruk asap rokok bagi para perokok pasif. Tidak harus memaksakan kehendak agar para perokok aktif berhenti merokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *