Kiat Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh untuk Ibu Rumah Tangga

Beberapa orang mengatakan bahwa banyak penyakit berasal dari mulut dan perut. Maksudnya adalah apa yang dimakan dan dicerna oleh pencernaan akan berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Ibu rumah tangga berperan penting dalam membantu menjaga kesehatan anggota keluarganya, seperti mengatur pola makan yang baik untuk keluarga. Ini dapat dilakukan dengan cara memasak sendiri apa yang akan dikonsumsi oleh anggota keluarganya. Mengolah sendiri makanan yang akan dimakan dapat meminimalisir adanya bakteri penyebab penyakit yang terdapat di dalam bahan makanan tersebut.

Begitu besarnya tanggung jawab yang dimiliki oleh ibu rumah tangga menjadikannya harus tetap sehat. Bagi wanita dengan status  belum bersuami pasti memiliki banyak waktu untuk berolahraga, pergi ke tempat olahraga, atau pergi ke salon kecantikan. Lalu bagaimana dengan kesehatan yang harus dijaga oleh ibu rumah tangga? Waktu yang dimiliki ibu rumah tangga akan lebih banyak terkuras untuk mengurus rumah tangga terutama bagi yang sudah memiliki buah hati. Meski banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, ada kiat sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu rumah tangga.

Berikut adalah kiat sederhan yang dapat dilakukan ibu rumah tangga untuk menjaga kesehatan tubuh:

  • Siapkan dan sajikan menu makanan sehat

Anggota keluarga cenderung mengikuti  dan menyantap  menu makanan yang disajikan oleh istri atau ibu. Karena itu, kreasikan dan sajikan menu makanan sehat dan bergizi.

  • Hindari camilan yang manis

Camilan tidak harus selalu memiliki rasa manis gula. Jika anggota keluarga terbiasa mengonsumsi aneka camilan, alternatif lain selain camilan adalah buah dan kacang-kacangan. Kandungan nutrisi dan vitamin dapat diperoleh dari jenis makanan tersebut.

  • Berolahraga di rumah

Berolahraga tidak harus keluar rumah atau mengeluarkan biaya. Olahraga dapat dilakukan di dalam rumah. Sebagai contoh dengan membersihkan seluruh bagian rumah, senam aerobik, atau melakukan gerakan-gerakan kecil setelah bangun tidur.

  • Menghindari konsumsi lemak hewani

Menghindari mengonsumsi lemak dari hewani dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Selain kiat sederhana di atas, seorang ibu rumah tangga harus mempunyai waktu untuk beristirahat dengan cukup. Tidur adalah salah satu kiat yang dapat dilakukan untuk sejenak mengistirahatkan badan. Jika dirasa sudah mulai merasa mengantuk sebaiknya beristirahatlah sebentar. Hal ini dapat meningkatkan imunitas tubuh. Ketika waktu untuk tidur berkurang, tubuh akan mudah terserang penyakit. Ibu rumah tangga juga harus menghindari stres. Saat mengalami stres atau tekanan, seseorang cenderung akan mengonsumsi makanan enak yang belum tentu sehat. Emosipun juga akan sulit untuk dikontrol.

Ternyata tidak sulit bukan menjaga kesehatan tubuh bagi seorang ibu? Yang terpenting adalah adanya niat dan kemauan untuk hidup sehat. Kunci kesehatan keluarga berada pada ibu yang sehat, sehingga dapat menjaga pula kesehatan anggota keluarganya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *