Tips Sehat yang Bisa Anda Terapkan dan Makanan yang Bagus Dikonsumsi

Kesehatan adalah hal utama yang harus dimiliki manusia. Dengan tubuh yang sehat, manusia dapat melakukan aktifitas apapun tanpa merasa ada penghalang. Sebaliknya, ketika salah satu organ tubuh atau anggota tubuh mengalami penurunan fungsi, besar kemungkinan beberapa hal yang dilakukan akan terganggu atau mungkin mendapatkan hasil yang kurang maksimal. Sebagai contoh ketika manusia mengalami flu, hasil pekerjaan yang dilakukan tidak maksimal karena perasaan kurang nyaman yang di tubuhnya. Oleh sebab itu, tips sehat untuk tubuh perlu dilakukan agar penyakit dapat dicegah.

Menjaga kesehatan merupakan hal yang wajib dilakukan seseorang. Banyak kiat untuk menjaga kesehatan, baik secara modern maupun tradisional. Ada yang beranggapan bahwa cara tradisional lebih ampuh dalam menjaga kesehatan, ada pula yang menganggap cara modern lebih bisa menjamin kesehatan. Hal ini tergantung dari individu masing-masing. Beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan, yaitu:

  • Berolahraga secara teratur,
  • Berkonsultasi dengan ahli gizi,
  • Mengonsumsi suplemen atau multivitamin,
  • Meminum ramuan tradisional,
  • Banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Beberapa kiat di atas bagi sebagian orang, ada yang mudah untuk dilakukan namun ada juga yang sulit untuk dikerjakan. Kiat berkonsultasi dengan ahli gizi biasanya hanya dilakukan oleh masyarakat perkotaan saja. Kiat meminum ramuan tradisional mungkin akan sulit didapatkan oleh masyarakat perkotaan karena kurangnya ketersediaan bahan. Berbeda dengan masyarakat pedesaan yang lebih banyak memiliki bahan untuk ramuan tradisional. Kiat yang lebih mudah dilakukan bagi seluruh lapisan masyarakat ialah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Bahan alami seperti sayuran dan buah-buahan tidak ada memiliki efek samping di kemudian hari dan mudah didapatkan.

Berikut adalah tips sehat dari beberapa jenis makanan yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh, antara lain:

  • Tomat

Tomat mengandung lebih dari 80% air, sehingga cocok untuk dikonsumsi ketika tubuh membutuhkan banyak air.

  • Alpukat

Meski sebagian orang mengganggap alpukat menyebabkan kegemukan, namun alpukat bagus untuk dikonsumsi karena lemak yang terdapat dalam buah alpukat adalah lemak baik dan dapat menjadi alternatif makanan yang mengenyangkan.

  • Kelapa

Selain sebagai pelepas dahaga, air kelapa dipercaya mampu mengeluarkan racun yang berada di dalam tubuh serta mengganti cairan yang hilang dari dalam tubuh.

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat baik untuk kesehatan. Dalam sayuran hijau mengandung vitamin C dan serat yang tinggi.

  • Beras merah

Beras merah disebut sebagai sumber makanan yang kompleks kandungan karbohidratnya. Vitamin C, serat, dan pati yang lambat untuk dicerna terkandung dalam beras merah. Setelah mengkonsumsi beras merah, tubuh akan merasa lebih energik.

Jenis makanan di atas dapat dikonsumsi sebagai bagian dari tips sehat yang dapat dilakukan tanpa mengeluarkan biaya lebih. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *