Minum Air Putih Setiap Pagi, Temukan Manfaat Air yang Sesungguhnya

Air dengan rumus kimia H2O merupakan sebuah zat yang tidak berasa dan tidak berbau. Air adalah salah satu contoh benda cair yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Bahkan lebih dari 50% tempat di bumi ini, berisi air. Air tidak hanya berada di lautan. Di dalam tanah pun terdapat air. Kelangsungan hidup manusia, hewan, dan tumbuhan sangat bergantung pada ketersediaan air. Dengan kata lain, manfaat air sangat besar bagi keberlangsungan hidup semua makhluk, terutama makhluk hidup yang berada di bumi.

Air yang dapat dirasakan manfaatnya bagi makhluk hidup di muka bumi ini terdiri atas bermacam-macam jenis dan berasal dari beberapa sumber air. Jenis air dilihat dari rasanya, dapat dibedakan menjadi 2 yaitu air asin dan air tawar. Sedangkan jika dilihat dari sumbernya, air dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya:

Baca juga: Manfaat Air Garam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

  • Air Tanah,
  • Air Laut,
  • Air Permukaan,
  • Air Hujan.

Jenis-jenis air di atas, ada yang dapat digunakan secara langsung oleh makhluk hidup. Namun ada juga yang harus diolah terlebih dahulu sebelum digunakan, terutama bagi manusia. Manusia membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk sarana transportasi, pengairan, mata pencaharian, maupun untuk konsumsi. Yang harus diolah terlebih dahulu adalah jika air tersebut akan digunakan sebagai konsumsi, sehingga manfaat air yang baik akan dapat diperoleh. Salah satu cara memperoleh manfaat dari air yang baik adalah ketika meminum air tersebut di pagi hari.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat minum air putih setiap pagi:

  • Membantu Keluarnya Racun dari dalam Tubuh

Pada saat tidur, tubuh manusia akan beristirahat untuk dapat meregenerasi fungsi sel-sel dalam tubuh dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Meminum air putih di pagi hari dapat membantu proses keluarnya racun dari dalam tubuh manusia.

  • Mencegah Adanya Gangguan pada Pencernaan

Pada penderita penyakit maag, asam lambung terkadang seperti naik ke kerongkongan. Dengan meminum air putih setiap pagi, dapat membantu menekan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Minum air putih setiap pagi dapat membantu meningkatkan kekebalan pada tubuh manusia sehingga akan terhindar dari penyakit dan dapat mencegah seseorang jatuh sakit.

  • Membantu Penurunan Berat Badan

Dengan meminum air hangat setiap pagi dan dengan sedikit campuran perasan lemon akan membantu menguraikan lemak dalam tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah merasa lapar.

Dari beberapa penjabaran mengenai air di atas, semoga dapat memberikan pandangan dan gambaran pentingnya air bagi kehidupan, sehingga kita dapat secara bijak dalam menggunakan air untuk memperoleh manfaat air, terutama bagi kesehatan tubuh manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *