Ini Dia Manfaat yang Dapat Diperoleh dengan Gaya Hidup Sederhana

Pada era sekarang ini, gaya hidup manusia sangat beragam. Gaya hidup adalah keseluruhan hal yang dilakukan oleh seseorang dalam menjalani kehidupan. Gaya hidup ada karena beberapa faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal datang dari dalam diri individu itu sendiri, yaitu keinginan untuk mengekspresikan apa yang ada dalam pikirannya. Sedangkan faktor eksternal datang dari lingkungan luar maupun individu lain yang berada di sekitarnya. Gaya hidup bukan penentu seseorang dianggap mampu atau tidak dalam menjalani kehidupan. Gaya hidup lebih menekankan pada prinsip dan cara seseorang dalam menjalani apa yang dihadapi. Ada beberapa orang yang lebih senang dengan gaya hidup sederhana dan apa adanya, tanpa terpengaruh oleh keadaan sekitarnya.

Namun ada sebagian orang yang memilih gaya hidup kemewahan dengan berkiblat kepada figur yang diidolakan atau terpengaruh dengan lingkungan sekitar. Hal tersebut dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu. Ada beberapa macam gaya hidup, antara lain:

  • Gaya hidup yang mewah,
  • Gaya hidup yang sederhana.

Gaya hidup apa adanya merupakan gaya hidup dengan menyesuaikan kebutuhan yang diperlukan dan tidak secara berlebihan dalam menggunakan harta yang dimiliki. Hal ini berbeda dengan kemiskinan yang lebih kepada kehidupan yang serba kekurangan. Hidup yang sederhana dapat diterapkan untuk mencapai ketenangan pikiran dan jiwa. Gaya hidup yang sederhana bahkan bisa diterapkan oleh orangtua kepada anaknya sejak dini yang nantinya akan menjadi kebiasaan hidup bagi anak tersebut.

Gaya hidup yang sederhana memiliki beberapa manfaat bagi seseorang menjalani kehidupan. Berikut adalah beberapa manfaat gaya hidup sederhana:

  • Senantiasa Bersyukur

Manfaat yang pertama adalah senantiasa bersyukur atas segala hal yang telah diterima. Orang dengan gaya hidup apa adanya akan selalu bersyukur serta jarang mengeluh dengan apa yang dialami.

  • Lebih Berhemat

Dengan gaya hidup ini, maka seseorang akan lebih berhemat karena tidak mengeluarkan biaya untuk membeli keperluan yang tidak diperlukan. Sehingga sisa biaya tersebut dapat disimpan atu ditabung untuk kebutuhan yang tidak terduga dikemudian hari.

  • Pikiran Menjadi Lebih Tenteram

Manfaat selanjutnya adalah menjadikan seseorang berpikir lebih tenteram karena dalam kehidupannya tidak hanya mengejar kemewahan seperti kehidupan orang lain.

  • Sikap Percaya Diri yang Lebih

Seseorang dengan gaya hidup apa adanya akan lebih memiliki sikap percaya diri dalam menjalani kehidupan dimasa yang akan datang.

Dari beberapa manfaat di atas dapat dilihat bahwa gaya hidup yang sederhana tidak hanya memiliki dampak baik bagi financial di masa depan, tetapi juga berdampak positif bagi psikis seseorang. Untuk itu, ada baiknya jika gaya hidup sederhana dapat diterapkan mulai dari diri sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *