Kiat Menanggulangi Bahaya Rokok yang Mudah Dilakukan

Segala sesuatu itu pasti ada resikonya atau bahayanya. Entah itu dari makanan, kegiatan, bahkan juga pekerjaan. Tapi tidak semua resiko atau bahaya itu menjadikan jauhnya manusia dari kegiatan tersebut. Justru kadang malah jadi tantangan tersendiri jika tetap saja melakukannya. Seperti halnya mengenai bahaya rokok. Dan disini Anda akan melihat mengenai bahaya dari rokok dan cara menanggulanginya.

Banyak sekali slogan, poster, baliho, bahkan dalam bungkus rokok sendiri sudah tertera dengan jelas akan bahayanya merokok itu sendiri. Tapi, semua itu tidak menggugah para pecandu rokok untuk berhenti dari merokok. Entah apalagi yang bisa membuat mereka sadar akan pentingnya berhenti dari merokok. Sebenarnya bukanlah hal yang sulit dilakukan. Berikut bisa dilihat beberapa cara agar para pecandu rokok bisa kurangi pemakaian, atau syukur bisa berhenti dari merokok.

Baca juga: Bahaya Rokok Untuk Perokok Pasif Yang Harus Diketahui

Berbagai cara tersebut antara lain adalah:

  • Pahami secara lebih mendalam akibat dari merokok.

Merokok bukanlah hal yang menguntungkan. Pahamilah secara mendalam tentang akibat dari merokok tersebut. Jangan hanya dilihat saja beberapa slogan atau gambar mengenai akibat-akibat dari merokok. Coba dibayangkan kalau misalnya hal itu benar-benar terjadi pada diri Anda, pasti akan sangat merugikan.

  • Hidup hemat lebih menguntungkan.

Satu hari merokok tidak hanya cukup menghabiskan satu bungkus. Padahal per bungkusnya sudah melebihi 15 ribu. Misalkan uang tersebut ditabung, satu minggu saja sudah terkumpul uang 105 ribu. Bayangkan bila terkumpul berbulan-bulan. Maka bisa digunakan untuk kebutuhan yang lain, yang lebih bermanfaat tentunya.

  • Kesehatan mahal harganya.

Satu kata yang sangat berharga dalam hidup kita adalah sehat. Kesehatan sangat mahal harganya. Dan tentunya adalah nikmat tersendiri dari Sang Maha Pencipta. Karena orang sakit tidaklah menguntungkan dalam hidup. Dan bahaya rokok bukanlah hal yang sepele. Maka dari itu, tinggal pilih antara sehat, atau sakit.

  • Makan permen dan minum susu.

Rasa kecanduan akan menghisap rokok, akan dimunculkan dengan asamnya lidah si pecandu. Tapi, hal tersebut bisa ditanggulangi dengan makan permen. Karena manisnya permen mungkin akan sedikit mengurangi asamnya lidah sang pecandu rokok. Atau bisa juga dengan minum susu. Karena zat yang terkandung dalam susu tersebut bisa menghilangkan rasa asam dalam lidah pecandu rokok. Dan tentunya akan lebih bermanfaat bagi tubuh Anda. Maka, cobalah dari sekarang.

Dari beberapa cara tersebut, tidaklah ada yang sulit untuk dilakukan. Pola hidup sehat tentunya sangat menguntungkan bagi hidup Anda. Banyak sekali yang sudah menyesal karena sering mengabaikan akan resiko dari merokok. Dan penyesalan itu pasti datangnya di belakang. Tentu saja waktu tidak bisa diulang kembali.

Mulai sekarang, coba pahami lebih mendalam tentang bahaya rokok itu sendiri. Jangan sampai penyesalan akan datang sia-sia saat semua sudah terjadi. Karena lebih baik Anda mencegah, daripada Anda mengobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *