Mengulas Beberapa Cara Mudah Menjauhkan Anak Dari Pergaulan Bebas

Manusia tidak lepas dari yang namanya bergaul. Namun, semua itu tetap ada batasannya, karena setiap negara, setiap agama, masyarakat, bahkan keluarga mempunyai batasan aturan tersendiri. Agar tidak menimbulkan perselisihan pendapat. Dan juga manusia agar lebih berhati-hati dalam bertindak. Karena manusia memang bebas memilih antara hidup atau mati, tapi manusia tidak akan lepas dari penilaian orang lain. Maka dari itu, perlu adanya pengenalan atau pengertian mengenai pergaulan bebas, yang bisa dimulai pada anak yang masih usia dini.

Apalagi, sekarang banyak tayangan yang tidak mendidik, bahkan merusak pergaulan anak. Karena anak usia dini masih dalam tahap peniruan untuk segala tindakan, maupun perilaku. Perlunya peran orang tua dalam pengawasan pergaulan anak. Jangan sampai anak salah pergaulan, karena akan berdampak negatif dalam hidupnya kelak. Dan pastinya juga menimbulkan penyesalan dikemudian hari.

Baca juga: Lakukan 4 Tips Ini Untuk Melindungi Anak Dari Pergaulan Bebas

Dalam kegiatan sehari-hari, disekolah maupun diluar sekolah, orang tua memang tidak bisa melihat atau menyaksikan secara langsung. Akan tetapi, semua itu bisa dilihat, saat bagaimana anak berperilaku didalam rumah. Pergaulan yang kurang baik bisa dilihat secara sederhana melalui cara bicara anak. Apabila anak sudah mulai beda dengan cara bicara yang kurang baik, maka langkah utama yang dilakukan adalah teguran secara pelan-pelan. Karena mungkin anak tersebut belum tahu apa yang dia ucapkan, dan hanya meniru temannya saja.

Cara yang paling ampuh dalam mengatasi pergaulan bebas adalah dengan adanya pengetahuan. Yang bisa didapatkan secara formal ataupun secara keagamaan. Karena hal tersebut sangat mempengaruhi pemikiran anak. Dengan adanya pengetahuan, maka anak akan lebih mudah memahami apa yang baik, dan apa yang buruk.

Berikut cara mudah yang bisa menjauhkan anak dari bebasnya pergaulan:

  • Menjalin hubungan yang baik. Anak apabila di arahkan dengan penuh kasih sayang, akan mudah menerimanya. Komunikatif, adalah kunci terjalinnya hubungan yang baik. Seringnya orang tua bertanya tentang kegiatannya akan membuat anak merasa nyaman, karena merasa di sayangi, dan anak akan tahu, bahwa dia juga mempunyai tanggung jawab menjadi anak yang baik. Tidak perlu reward yang mewah, cukup kasih sayang penuh untuk mengarahkan anak menjadi lebih baik.
  • Berikan teladan yang baik untuk anak. Karena masa anak-anak adalah masa peniruan terhadap lingkungan sekitar, maka berhati-hatilah dalam bersikap didepan anak. Biasakan kontrol emosi dengan baik, agar anak juga akan menirukan hal yang positif saja. Jangan sampai orang tua memberikan contoh yang tidak baik pada anaknya. Karena pasti akan ditirukan oleh anak dikemudian hari.
  • Mengawasi setiap pertumbuhan anak. Perhatian adalah satu hal yang sangat penting bagi pertumbuhan anak. Karena orang tualah yang berperan penting dalam masa pertumbuhan tersebut. Jadi, selalu perhatikan setiap fase pertumbuhan anak, agar anak tidak terjerat dalam pergaulan bebas yang sangat merugikan masa depan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *