Kiat Mencerdaskan Anak Sekolahan dengan Tidak Mengurangi kegiatan Ekstra

Keaktifan adalah bukti nyata bahwa seorang anak sangatlah partisipatif. Orang tua tidak perlu cemas akan hal tersebut. Sebagai orang tua, yang seharusnya dilakukan adalah mendukung akan prestasi anaknya. Anak sekolahan tidak hanya dibatasi prestasi dalam akademik saja, akan tetapi berhak atas prestasi non akademik. Jadi, biarkanlah anak berekspresi semaksimal mungkin sesuai kemampuan mereka. Sebagai kakak, ataupun orang tua tidak perlu banyak mengatur kegiatan anak dirumah maupun disekolah.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat anak menjadi lebih cerdas dan berprestasi. Misalnya mulai dengan makanan yang sehat dan bergizi. Karena akan mempengaruhi sel-sel dalam otak. Makanan tersebut misalnya ada daging, susu, ikan, dan masih banyak lagi.

Jangan terlalu membatasi anak dalam kegiatan ekstrakurikuler. Karena anak akan lebih aktif dengan mengikuti kegiatan seperti itu. Hal itu juga berguna untuk membekali mereka dimasa depan kelak.

Ini dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar anak dapat berprestasi, antara lain:

  • Kasih sayang keluarga.

Anak adalah titipan Tuhan, sebuah amanah yang harus dipertanggungjawabkan. Adanya kasih sayang akan memunculkan memory positif dalam fikiran anak. Apabila dirumah sudah dibiasakan berfikir positif, maka disekolah pun anak akan mudah untuk menerima pelajaran. Bisa dimulai dengan keluarga sendiri. Orang tua yang sangat berperan penting bagi masa pertumbuhan anak sekolahan. Mengerti antara waktu keluarga dengan waktu belajar atau sekolah.

  • Sediakan waktu khusus belajar.

Alwaktu kassaif, yang artinya adalah “waktu bagaikan pedang”. Setiap orang harus pintar-pintar dalam menggunakan ataupun memanfaatkannya. Dimana anak juga memerlukan waktu yang khusus untuk melakukan belajar. Dan tugas sebagai orang tua adalah bagaimana anak mendapatkan waktu tersebut.

  • Mencarikan guru bimbingan khusus.

Untuk para orang tua yang sudah sibuk sendiri dengan kegiatan atau pekerjaan masing-masing, tentunya akan kehilangan waktu untuk bisa membimbing anak sendiri. Maka dari itu, biasanya mereka akan mencarikan guru atau kakak pembimbing khusus, agar anak tetap terawasi peningkatan belajarnya.

  • Biasakan anak agar memperhatikan saat dijelaskan.

Dalam hal ini, perlu adanya peran orang tua juga, agar disekolah anak selalu tertuju pada penjelasan guru. Dengan begitu, anak akan mudah mengerti apa yang sedang dijelaskan oleh guru.

  • Catatan kecil tentang poin-poin materi.

Sebuah catatan adalah cara agar anak lebih mudah untuk mengingat apa yang telah dipelajari di sekolah maupun saat di rumah. Dengan adanya catatan kecil, akan mempermudah belajar saat mendekati ujian.

Itulah beberapa tips agar anak sekolahan dapat berprestasi dalam bidang akademik maupun dalam non akademik. Anak berprestasi tentunya juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *