Penggunaan Sosial Media yang Baik dan Tidak Akan Merugikan

Kehidupan yang serba canggih adalah pada era zaman sekarang. Tidak bisa dipungkiri dengan kemajuan teknologi, apapun bisa digali informasinya. Bahkan, ada pula yang bisa mencari nafkah dengan mudah dengan adanya kemajuan teknologi. Yaitu dengan adanya sosial media. Tidak hanya kaum abg, dari anak-anak yang masih usia dini, bahkan sampai kakek-kakek atau nenek sekarang banyak yang menggunakan media sosial.

Media sosial ada yang berupa facebook, biasanya dimiliki orang yang baru memiliki smartphone, atau baru mengenal media sosial. Ada juga yang berupa Twitter, biasanya dimiliki artis-artis. Kaum awam sangat jarang yang memilikinya. Ada juga Instagram, kalau media yang satu ini sudah banyak yang memiliki, karena tersedia aplikasinya dan juga lumayan mudah untuk mengaksesnya.

Baca juga: Memakai Sosial Media Bisa Memberikan 4 Manfaat Ini

Penggunaan sosial media hanya berdampak buruk bagi manusia. Semua adalah tergantung pada pemakaian dan pemanfaatannya. Untuk anak usia dini, dapat diantisipasi dengan adanya batasan serta pengawasan orang tua. Ada beberapa cara agar sosmed tidak merugikan, dan dapat dimanfaatkan dengan semestinya. Diantaranya adalah:

  • Peluang berbisnis.

Sekarang media sosial bukanlah kata yang asing bagi semua orang. Dalam media sosial, banyak sekali yang bisa Anda rekomendasikan untuk peluang bisnis. Tidak hanya berupa jualan, tapi juga bisa mengekspresikan karya Anda, bisa berupa gambar atau foto, bisa juga berupa vide-video yang menarik. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan media sosial sebagai peluang bisnis Anda.

  • Bernostalgia dengan teman lama.

Tentunya semua orang akan selalu bertemu dengan kawan baru. Yang semula satu sekolah saat SD misalnya, belum tentu saat SMP ataupun SMA akan satu sekolah lagi. Dengan adanya media sosial seperti Instagram misalnya, mungkin akan sedikit lupa dengan tampilan wajah. Karena kebanyakan saat masa pubertas akan meningkatkan hormon, terutama rasa malu, yang akan menjadikan orang tersebut berdandan. Tapi, tidak akan lupa apabila namanya menggunakan nama panggilan dari waktu kecil, atau nama asli.

  • Menunjukkan kualitas diri.

Semua orang mempunyai bakat, dan minat yang berbeda-beda. Dan tidak semua orang pun mempunyai rasa percaya diri akan bakat mereka masing-masing. Dan salah satu cara yang efektif untuk mengantisipasinya adalah dengan adanya media sosial. Karena hanya melalui gadget, Anda bisa menunjukkan kualitas diri anda yang sebenarnya. Dengan tanpa tatap muka secara langsung.

  • Banyak teman.

Teman adalah salah satu hiburan tersendiri bagi setiap orang. Lebih banyak teman, hidup akan lebih asyik dan seru. Karena manusia adalah makhluk sosial, dimana tidak bisa hidup sendiri. Dengan adanya media sosial, Anda bisa memperluas pertemanan secara mudah.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari adanya sosial media. Pintar-pintarlah dalam menggunakan medsos. Karena banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Juga, jangan lupa untuk selalu berperilaku secara positif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *