4 Akibat Ketika Menjalankan Gaya Hidup Bebas

Beberapa orang merasa cocok dengan gaya hidup bebas sehingga tidak memiliki keterbatasan dalam bertindak ataupun bertabiat. Namun sebagaimana hal-hal buruk lainnya, gaya hidup tanpa batasan ini malah cenderung merugikan diri sendiri bahkan orang sekitar. Biasanya pergaulan yang terlalu bebas ini mengancam remaja sampai orang dewasa ketika salah dalam masuk ke sebuah lingkungan pergaulan. Biasanya memang dialami oleh masyarakat di kota besar dimana sudah mulai mengenal gaya hidup yang berasal dari negara barat.

Akibat Buruk Terlalu Bebas dalam Bergaul

Gaya hidup yang keliru terlebih jika tidak mau terkekang oleh apapun tentu akan sulit berbaur dengan masyarakat. Tetap menjalankan gaya hidup yang kelewat bebas ini tentu bukan tanpa akibat, karena beberapa akibat ini akan muncul:

  • Mudah bersinggungan dengan rokok dan alkohol,

Akibat gaya hidup yang terlalu bebas maka seseorang bisa dengan mudah bersinggungan dengan rokok dan alkohol. Sesaat efek dari konsumsi dua barang tersebut memang tidak merugikan dan bahkan cenderung memberikan manfaat untuk menenangkan pikiran. Namun kalau terlalu sering dan menjadi kebiasaan maka akan mengancam kesehatan, bisa jadi menderita penyakit padahal masih muda.

  • Cenderung akrab dengan obat-obatan terlarang,

Kebiasaan merokok dan juga menikmati minuman beralkohol akan membuat penikmat gaya hidup bebas tersebut lebih berani. Salah satunya mencoba berbagai jenis obat-obatan terlarang sehingga ada kemungkinan menjadi pecandu. Dana yang dikeluarkan untuk membeli obat-obatan ini tentu tidak sedikit, padahal efeknya bisa membuat seseorang tidak menjadi dirinya sendiri. Maka hindari gaya hidup seperti ini supaya bisa benar-benar menghilangkan kemungkinan terjerumus menjadi pecandu obat-obatan, miras, ataupun rokok.

  • Membangun karakter yang berontak,

Bertindak sesuai dengan keinginan kadang tidak memperhatikan aturan tidak tertulis yang di tengah masyarakat. Tentunya dengan kebiasaan yang terlalu bebas ini bisa mengurangi rasa empati sehingga cenderung mudah berontak. Ketika ditegur sedikit maka merasa digurui panjang lebar, ketika ada aturan yang ringan maka dianggap terlalu mengekang padahal untuk kebaikan semua pihak. Memberontak tentunya bukan pribadi yang mudah diterima masyarakat yang ada malah merugikan diri sendiri karena dikucilkan dan menjadi bahan gossip yang selalu hangat diperbincangkan.

  • Dijauhi orang-orang,

Tidak memiliki teman menjadi akibat lain yang akan ditanggung ketika mengabaikan semua norma yang berlaku di masyarakat. Dijauhi memang menjadi sanksi yang diberikan pada masyarakat ketika memiliki anggota yang terlalu mencolok dan tidak bisa berbaur. Mulai dari gaya hidup, cara berbicara, gaya berpakaian, dan sebagainya cenderung tidak mudah diterima. Menjadi seseorang yang kesepian tentu sebuah mimpi buruk maka usahakan untuk memilih menjadi pribadi yang terbuka dan hangat. Supaya beragam akibat hidup bebas yang disebutkan tidak dialami langsung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *