Kenali Bahaya Rokok dan Lakukan 4 Tips Ini Supaya Bisa Berhenti Merokok

Tidak sukar menjumpai orang sekitar yang gemar merokok meskipun dijamin pelakunya sudah akrab dengan berbagai bahaya rokok yang dihisapnya. Merokok memang menjadi kegiatan yang legal meski di dalamnya ada resiko kecanduan dan ada dampak buruk terhadap kesehatan. Mau bagaimana lagi, selama merokok masih menjadi kegiatan yang sah di mata hukum maka penikmatnya dijamin masih sangat banyak bahkan memamerkannya di tempat umum. Padahal kebiasaan merokok ini tidak hanya merugikan diri sendiri namun juga merugikan orang sekitar.

Tips Agar Kebiasaan Merokok Bisa Berhenti

Perokok pasif bahkan bisa menanggung resiko lebih tinggi ketimbang perokok itu sendiri, maka mulailah belajar mengendalikan keinginan merokok. Toh, tidak ada untungnya merokok selain membuat kantong tekor juga membuat tubuh terjangkit lebih banyak penyakit mematikan. Supaya mudah berhenti lakukan beberapa tips ini:

  • Kenali efek buruk merokok,

Supaya kebiasaan buruk merokok bisa berkurang bahkan berhenti total maka baiknya mulailah belajar tentang efek buruknya. Selama ini banyak pamflet sampai bungkus produk rokok sudah mencantumkan bahaya dari merokok, namun diabaikan. Ada baiknya mulai berpikir secara pintar untuk tidak mengabaikan bahaya-bahaya tersebut.

  • Rajin minum susu dan mengunyah permen,

Kebiasaan merokok bisa muncul sejak masih anak-anak beberapa ketika remaja, dan sebagian kecil mulai merokok ketika masuk lingkungan kerja. Semakin dini mengenal rokok maka semakin sulit untuk melepaskan diri dari bahaya rokok tersebut. Ada baiknya mengalihkan mulut asam minta menghisap rokok dengan meminum susu dijamin rasa rokok akan lebih hambar berkat zat di dalam susu tersebut. Opsional paling mudah lainnya adalah menghisap permen, rasa manisnya bisa mengabaikan asam di mulut.

  • Melakukan medical checkup,

Supaya lebih fokus dan berniat untuk menghapus kebiasaan merokok maka baiknya melakukan pengecekan medis. Lakukan medical checkup di salah satu rumah sakit ataupun klinik kesehatan untuk mengetahui kondisi tubuh selama aktif merokok. Semakin lama kebiasaan buruk ini dilakukan maka akan memberikan dampak pada tubuh, melalui pengecekan kesehatan akan diketahui secara detail. Biasanya kesadaran untuk memeriksakan diri akan lebih efektif menghentikan kebiasaan merokok dibanding bujukan orang sekitar.

  • Fokus untuk memperhatikan kesehatan,

Memperhatikan kesehatan dan mendapati kondisi tubuh terasa sangat ringkih tentu memberikan kesadaran untuk berhenti merokok. Solusinya adalah mulai belajar mengenal gaya hidup sehat, dijamin keinginan merokok akan berkurang secara drastis. Sebab Anda memiliki jadwal untuk mengatur pola makan secara ketat sekaligus berbagai jadwal kegiatan olahraga. Sibuk dengan kegiatan yang berdampak baik bagi kesehatan membuat kesempatan untuk merokok semakin kecil dan menghilang. Maka mulailah berkenalan dengan teman yang punya gaya hidup sehat supaya sukses menghentikan bahaya rokok yang menggerogoti badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *