Lakukan 4 Kiat Ini Supaya Anak Sekolah Tetap Cerdas Meski Memiliki Banyak Kegiatan

Sebagai anak sekolah sudah tentu sibuk dengan berbagai jadwal kegiatan, baik kegiatan belajar maupun kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti. Pada masa sekolah biasanya anak-anak sudah mulai terlihat bakat dan keahlian yang dimilikinya sehingga orangtua sudah bisa memberikan dukungan. Kebanyakan orangtua yang sudah mengetahui bakat buah hatinya akan mengikutkan anak ke berbagai kegiatan yang sejenis. Misal punya keahlian menari maka akan memasukan anak ke sanggar tari supaya bisa lebih berkembang dan berprestasi di bidang tersebut.

Kiat Cerdas Secara Akademik Meski Super Sibuk

Sesibuk apapun seorang anak tentunya tidak boleh mengabaikan sekolahnya, sehingga wajib untuk tertib dalam belajar. Supaya kesibukan ekstra yang dimiliki tidak mengganggu kualitas akademis maka lakukan beberapa kiat berikut:

  • Mendengarkan penjelasan guru dengan baik,

Memiliki segudang kegiatan selepas jam sekolah maka baiknya tidak menyia-nyiakan kesempatan belajar di ruang kelas. Tidak harus rajin bertanya dan sejenisnya, minimal anak memiliki konsentrasi untuk mendengarkan penjelasan guru. Sebab tidak dapat dipungkiri ketika mendengarkan materi yang disampaikan guru di depan kelas biasanya malah lebih mudah diingat ketimbang membaca materinya di buku.

  • Menyediakan waktu khusus untuk belajar,

Kesibukan anak sekolah untuk mengikuti berbagai kegiatan baik yang diadakan sekolah ataupun yang diikuti sesuai saran orangtua di rumah. Baiknya tetap konsisten dalam mengatur waktu belajar sehingga materi yang sudah dijelaskan bisa dipahami dengan baik. Waktu untuk belajar ini baiknya tidak hanya untuk menyelesaikan pekerjaan rumah yang diberikan guru melainkan membaca ulang berbagai materi yang sudah disimak di sekolah. Paling tidak luangkan waktu sekitar 20-30 menit dijamin proses belajar terasa ringan dan mudah.

  • Mengikuti bimbingan belajar,

Merasa ragu untuk bisa konsentrasi belajar jika belajar sendiri, maka ada baiknya memilih mengikuti program bimbingan belajar. Apabila memang cenderung sukar memahami penjelasan guru di depan kelas maka pilih bimbingan secara privat. Zaman sekarang banyak sekali pelajar yang memiliki guru privat untuk membantu meningkatkan kecakapan akademis. Pilih mata pelajaran yang dianggap sukar supaya bisa lebih paham, sehingga berprestasi secara akademik sangat memungkinkan. Meskipun memiliki kegiatan yang banyak selepas jam sekolah usai, sehingga akan terjadi keseimbangan.

  • Rajin membuat catatan belajar,

Rajin membuat ringkasan atau catatan selama belajar juga bisa membantu untuk belajar dengan lebih mudah. Melalui kegiatan mencatat biasanya lebih mudah untuk diingat ketimbang membaca ataupun mendengarkan materi yang disampaikan secara verbal oleh guru. Apalagi dengan adanya catatan maka dijamin mempermudah menentukan bab mana saja yang perlu dipelajari beserta point-point pentingnya. Paham bagaimana membuat catatan ternyata menjadi resep terbaik dan paling praktis bagi anak sekolah untuk bisa pintar secara akademik, sehingga perlu dicoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *