Tips Melakoni Gaya Hidup Sehat yang Bisa Anda Lakukan Mulai Dari Sekarang Juga

Gaya hidup sehat merupakan komitmen yang harus dilakukan hingga jangka panjang, dengan manfaat kesehatan secara menyeluruh di kehidupan Anda. peningkatan kesehatan tubuh, emosional dan mental akan meningkatkan kualitas hidup dan membawa pengaruh bercita positif untuk orang-orang yang berada di sekitar Anda. menerapkan gaya hidup yang sehat harus disesuaikan dengan jenis kelamin, usia serta tingkat aktivitas fisik. Hasilnya juga akan bervariasi, Anda tidak dapat menerapkan gaya hidup seperti model atau artis India yang Anda suka. 

Ada beberapa tips untuk melakoni gaya hidup yang sehat yang dapat Anda lakukan. Pertama, ketahui status kesehatan tubuh serta membuat janji perawatan. Lakukan pemeriksaan tahunan yang mungkin jarang Anda lakukan. Anda bisa memeriksa daftar vaksinasi yang harus diperoleh. Beberapa jenis vaksinasi diberi sebanyak lebih dari sekali serta dengan jadwal khusus. Segera membuat janji dengan fokter bila hasil pemeriksaan rutin menunjukkan terdapat kelainan di tubuh Anda. Anda juga harus mengetahui indeks massa tubuh serta ukuran lingkar pinggang Anda, agar Anda bisa mengetahui apakah terdapat resiko obesitas. Anda dapat melakukannya bersamaan dengan pemeriksaan secara rutin. 

Kedua, benahi diet Anda. mulailah dengan membuat sebuah catatan harian yang berisikan tentang apa saja daftar makanan yang harus Anda konsumsi setiap hari. Termasuk gorengan yang Anda konsumsi sembari menunggu jadwal makan siang misalnya. Buat tanpa mempunyai penilaian apapun. Ingat, Anda harus melakukan ini untuk mengetahui hal apa saja yang harus Anda rubah dari pola makan lama Anda. Anda juga harus berjanji jika Anda akan melakukan gaya hidup sehat. Lakukan diskusi bersama dengan ahli gizi tentang jumlah asupan makanan serta tips pola makan yang Anda perlukan. 

Ketiga, perbanyak aktivitas fisik Anda. orang dewasa dianjurkan menyisihkan 2,5 jam per minggu untuk melakukan aktivitas atau olahraga fisik seperti berjalan dan berlari. Anda dapat menyisihkan satu jam dalam seminggu jika melakukan aktivitas aerobik berintensitas tinggi, setidaknya, dalam dua hari seminggu, buat kalender aktivitas fisik serta target yang fleksibel. Menjaga kesehatan mental juga termasuk dalam gaya hidup yang sehat. Selipkan sedikit aktivitas yoga agar bisa mengatasi stress Anda.

Terakhir, tingkatkan hubungan dengan orang-orang yang berada di sekitar Anda. perubahan gaya hidup bukan hanya olahraga dan diet, namun interaksi sosial dengan orang-orang yang berada di sekitar Anda juga memberikan kontribusi untuk kesehatan mental serta emosi Anda. Anda tidak perlu menyamakan seluruh aspek kehidupan dengan teman dan tetangga, namun Anda harus tetap meluangkan sedikit waktu untuk bersosialisasi, entah secara bertatap muka atau secara virtual. Meningkatkan hubungan antar sesama bisa memberikan rasa nyaman. Jadi, gaya hidup sehat tetap bisa dilakukan dengan mudah bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *