Tips Menggunakan Sosial Media dengan Bijak yang Perlu Diperhatikan

Di masa sekarang ini masyarakat tentu saja tidak bisa untuk menghindari yang namanya teknologi. Apalagi teknologi tersebut menawarkan banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh masyarakat. Dari dapat digunakan untuk menambah pengetahuan, untuk hiburan, dan juga untuk mendapatkan pekerjaan lewat online. Selain itu juga bisa untuk membuat masyarakat lebih mudah berhubungan dalam menjalin hubungan dan pertemanan dengan banyaknya yang ada seperti misalnya dengan menggunakan sosial media.

Akan tetapi seperti pedang bermata dua, sosmed tersebut selain memberikan keuntungan juga bisa memberikan dampak negatif yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Seperti akibat negatif yaitu kecanduan sehingga sehari dapat untuk membuka sosmed secara terus menerus dan lupa pada hal yang harus dikerjakan di dunia nyata. Selain itu juga kekurangan lainnya yang dapat ditimbulkan yang dapat untuk mengubah menjadi orang yang dekat menjadi jauh. Karena sudah menjadi pemandangan umum sekarang ini apabila orang berkumpul biasanya sibuk pada sosmed masing-masing dan tidak menghabiskan waktu untuk berbincang bersama. Oleh karena itulah perlu kedewasaan dan juga bijak untuk menggunakan sosmed ini agar bisa untuk menghindari hal buruk dan mendapatkan keuntungan yang bisa dirasakan dari sosmed tersebut. Seperti beberapa cara bijak untuk menggunakan sosmed yang bisa dilakukan oleh masyarakat adalah sebagai berikut ini:

Baca juga: Sosial Media Pada Remaja Modern Ternyata Bisa Menyebabkan Depresi

  • Gunakan sosmed seperlunya dan batasi waktu penggunaan

Tips bijak pertama untuk menggunakan sosial media adalah dengan menggunakan sosmed dengan seperlunya. Seperti gunakan hanya sosmed yang penting saja dan Anda tidak perlu untuk membuat sosmed baru yang sedang trend apabila sosmed yang lama masih bisa digunakan. Karena mempunyai banyak sosmed tentu saja akan lebih menyita banyak waktu yang dihabiskan untuk mengecek sosmed satu persatu-satu. Padahal berita yang didapatkan juga sama saja, oleh karena itulah gunakan sosmed seperlunya dan luangkan waktu khusus. Misalnya hanya 1 jam atau hanya membuka sosmed ketika ada pesan yang harus dilihat atau dibaca.

  • Tidak terlalu mengumbar kehidupan pribadi di sosmed

Cara bijak untuk menggunakan sosmed selanjutnya adalah dengan tidak terlalu mengekspos kehidupan pribadi. Misalnya dengan mengupload gambar menangis ketika sedang bersedih, mengupload foto pasangan terlalu banyak, dan juga hal lainnya yang justru membuat orang lain tidak merasa nyaman. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk mengunggah hal penting dan kurangi untuk mengekspos kehidupan pribadi di sosmed.

  • Berpikir sebelum mengetik

Dan tips bijak untuk menggunakan sosial media selanjutnya adalah dengan berpikir dahulu sebelum mengetik. Sama seperti di dunia nyata Anda harus berpikir dahulu sebelum berbicara, maka Anda harus juga berpikir dahulu sebelum akan mengunggah sesuatu ke sosmed. Sehingga Anda akan tidak terlibat perang dunia maya dan juga banyak hal buruk lainnya ketika menggunakan sosmed.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *