List Kebiasaan yang Bisa Memberi Dampak Buruk Seperti Depresi

Setiap orang memiliki kebiasaan tersendiri yang bisa memberikan efek yang positif namun ada juga kebiasaan yang memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Kesehatan yang dimaksud bukan hanya kesehatan fisik namun juga kesehatan mental misalnya yang menyebabkan depresi. Berikut ini adalah list kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan dan tanpa disadari bisa menyebabkan depresi bahkan menyebabkan masalah kesehatan yang lainnya ataupun kematian.

Pertama adalah mengkonsumsi makanan olahan atau makanan instant. Berdasarkan pada penelitian yang pernah dilakukan, menunjukkan hasil jika orang yang hampir setiap hari mengkonsumsi makanan olahan memiliki resiko yang lebih rentan untuk mengalami depresi. Makanan olahan seperti mie instant, snack keripik mengandung bahan kimia atau menyebabkan perubahan zat kimia yang ada di dalam otak yang menjadi pemicu depresi.

Baca juga: Gaya Hidup Terkini Yang Sehat Patut Untuk Kita Tiru

Kedua adalah mengisolasi diri. Terkadang memberikan diri sendiri waktu atau me time memiliki efek yang positif bagi tubuh namun mengisolasi diri atau menghabiskan waktu sendiri terlalu lama bisa memberikan dampak buruk tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya menjadi anti sosial namun juga menyebabkan depresi. Terlalu mengisolasi diri bisa menyebabkan rasa kesepian muncul sehingga memunculkan berbagai pikiran negatif yang bisa menyebabkan stress hingga tingkat depresi.

Ketiga adalah menggunakan media sosial secara berlebihan. Walaupun media sosial saat ini memiliki peranan yang penting bagi kehidupan sehari-hari misalnya untuk marketing bisnis, berbagi informasi, ataupun untuk menjaga tali silaturahmi, namun menggunakan medsos secara berlebihan bisa menyebabkan depresi. Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan, terlalu sering atau menghabiskan waktu di dunia media sosial bisa menyebabkan daya saing menjadi semakin tinggi apalagi untuk remaja. Hal tersebut akan diperparah dengan adanya akun media sosial yang berisi hal yang negatif atau akun tersebut dipergunakan untuk hal yang bersifat negatif.

Kebiasaan yang lain yang memberikan dampak buruk seperti depresi tanpa disadari yaitu:

  • Dikelilingi oleh orang yang berpikiran negatif. Secara tidak langsung, fikiran negatif dari orang-orang yang ada di sekitar Anda masuk ke dalam diri Anda yang menyebabkan Anda sendiri akan berfikir negatif dan hal tersebut bisa menjadi racun untuk kesehatan mental Anda.
  • Merokok. Kebiasaan ini banyak dilakukan oleh masyarakat tidak hanya pria namun juga wanita ini bisa mengganggu keseimbangan kimia yang ada di dalam otak sehingga memicu terjadinya depresi. Rokok juga bisa mengganggu kesehatan tubuh dalam jangka waktu yang panjang baik secara fisik ataupun mental.
  • Kurang berolahraga atau kurang gerak. Berolahraga bagus untuk menjaga kesehatan tubuh baik secara fisik atau secara mental. Saat olahraga, tubuh akan memiliki kadar serotonin yang lebih banyak di dalam otak yang menyebabkan suasana hati menjadi lebih bahagia. Sehingga jika kurang berolahraga bahkan sangat jarang akan menyebabkan diri lebih rentan terhadap depresi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *