Si Pedas Cabai Ternyata Bisa Memberikan Kesehatan Tubuh Anda Seperti Berikut

Di Indonesia, tidak lengkap jika tidak makan tanpa adanya sambal ataupun potongan cabai. Jikapun tidak ada cabai pasti memilih sesuatu yang pedas bahkan jika hendak pergi keluar negeri, sambal kemasan atau yang diletakkan di toples menjadi salah satu bawaan wajib. Siapa sangka jika si pedas cabai ini memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Dalam cabai terdapat kandungan nutrisi seperti karbohidrat, serat, gula, protein, lemak, vitamin A, B6 dan C, air serta mineral seperti magnesium, zat besi, kalium atau potassium, capsaicin.

Rasa pedas yang dihasilkan oleh kandungan capsaicin dari cabai ini tidak jarang membuat siapa saja yang mengkonsumsinya menjadi ketagihan. Selain menambah nafsu makan, cabai juga memberikan manfaat seperti berikut. Pertama adalah menjaga kesehatan perut. Kandungan capsaicin dalam capai membantu untuk menyehatkan saluran pencernaan dengan cara meningkatkan cairan yang ada di saluran pencernaan dan juga memerangi bakteri yang menjadi penyebab infeksi seperti infeksi bakteri yang bisa menyebabkan diare.

Kedua adalah membantu untuk meredakan sakit dan nyeri. Kandungan dari cabai yaitu capsaicin bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit ataupun nyeri karena operasi, psoriasis, migraine, sariawan karena radiasi atau kemoterapi, masalah sendi, sistem syarat, neuralgia trigeminal dan neuralgia psosthorpetic. Kesehatan tubuh juga bisa terjaga karena kandungan capsaicin juga bisa mengurangi rasa sakit pada punggung, nyeri pada jaringan lunak dan otot ataupun menghilangkan gejala perennial rhinitis.

Ketiga adalah memperkuat jaringan paru-paru. Selain itu, cabai bisa membantu untuk mencegah ataupun mengobati emfisema yang merupakan penyakit paru-paru kronis karena rokok sehingga menyebabkan kantung udara kecil di paru-paru menjadi rusak, serta membantu mengencerkan lendir yang ada di paru-paru sehingga mudah dikeluarkan dari paru-paru. Keempat adalah sebagai antioksidan sehingga bisa membantu untuk melindungi sel tubuh yang disebabkan karena radikal bebas.

Manfaat lain dari cabai untuk kesehatan tubuh, yaitu:

  • Menurunkan tingkat tekanan darah, mengurangi kolesterol dalam tubuh serta mencegah adanya penyumbatan pada darah yang bisa menyebabkan penyakit jantung.
  • Membantu mengurangi resiko kanker usus besar. Berdasarkan pada penelitian yang pernah dilakukan, kandungan capsaicin yang ada di dalam cabai bisa mengaktifkan receptor nyeri TRPV1 pada tikus sehingga bisa mengurangi perkembangan tumor yang ada di usus.
  • Bisa membantu dalam membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Rasa pedas yang ada di dalam cabai bahkan di duga bisa membantu untuk membakar kalori dan lemak serta membantu menghilangkan racun dalam tubuh dari keringat yang dikeluarkan saat menyantap makanan yang mengandung cabai.

Walaupun cabai bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, namun Anda harus mengontrol berapa banyak cabai yang Anda konsumsi agar tidak menyebabkan perut Anda sakit atau bahkan asam lambung meningkat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *