Menilik Hal Unik yang Menjadi Kebiasaan Mahasiswa Masa Kini

Mahasiswa, dari kata maha yang artinya besar dan siswa yang artinya murid. Sebutan untuk para murid yang mengecap pendidikan di universitas ini akan merasakan kehidupan yang berbeda dari sebelumnya saat masih menjadi siswa SMA. Ada beragam kebiasaan unik yang seringkali harus dilakukan agar bisa mendapatkan nilai yang baik atau sekedar hanya bersenang-senang misalnya berkumpul bersama dengan teman.

Pertama adalah begadang hingga pagi hari atau tidur malam. Bukan hal yang baru jika setelah duduk di bangku universitas atau sederajat, begadang menjadi hal yang rutin dilakukan. Ada beragam alasan mengapa tidur pada malam hari melebihi jam tidur yang seharusnya atau tidak tidur sama sekali hingga pagi. Kebiasaan ini sering dilakoni oleh mahasiswa semester awal yang masih ‘mengenal’ tugas mata kuliah dan mahasiswa akhir yang harus berurusan dengan skripsi dan tugas akhir yang tidak jarang memiliki deadline. Karena hal tersebut tidak sedikit yang akhirnya datang ke kampus dengan mata panda bahkan bisa tidur di sela-sela jam mata kuliah atau saat rehat.

Kedua adalah SKS atau sistem kebut semalam. Tidak sedikit mahasiswa yang menyepelekan tugas sehingga mau tidak mau tugas tersebut harus dikerjakan sebelum deadline dalam waktu 1 malam dan tidak jarang yang harus begadang dan tidak tidur semalaman. Dalam waktu 1 malam tersebut, banyak yang mengeluarkan jurus ‘the power of kepepet’ sehingga seluruh ide atau jawaban dari tugas tersebut seolah keluar dengan sendirinya walaupun sebelum-sebelumnya ia tidak menemukan jawaban tersebut.

Ketiga adalah ‘nebeng’. Bukan hal yang baru jika nebeng atau ikut dengan teman menjadi salah satu kebiasaan dari siswa yang ada di Universitas. Selain tidak ingin repot untuk mengeluarkan motor atau sekedar hanya parkir di area kampus, ikut naik motor teman juga menjadi salah satu cara untuk menghemat pengeluaran untuk membeli bahan bakar. Keempat adalah wifi. Saat ini hampir semua universitas memiliki wifi yang bisa dimanfaatkan secara gratis oleh staf, siswa ataupun orang yang memiliki akses wifi tersebut. Tidak jarang yang rela di kampus hingga semalam suntuk atau hingga di usir oleh satpam agar bisa menikmati fasilitas wifi tersebut untuk keperluan tertentu misalnya ngeblog.

Kelima adalah penyetan dan mie instan yang menjadi penyelamat. Bagi mahasiswa, selain harus memiliki air galon dan nasi, mie instant adalah barang yang harus dimiliki karena akan sangat bermanfaat di akhir bulan. Tidak sedikit dari Anda yang masih menunggu dan mengharapkan uang saku bulanan dari orang tua untuk hidup di kos atau kontrakan. Saat akhir bulan dan uang saku yang menipis, maka mie instant menjadi penolong yang ampuh. Selain mie instant, penyetan serta burjo atau warung makan murah dan angkringan, menjadi pilihan utama untuk mengisi perut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *