Kebiasaan Anak Sekolah Dahulu yang Bikin Kangen

Tidak dipungkiri jika saat ini kondisi sudah berbeda jauh bahkan sudah sangat maju dibandingkan di era jaman 90an. Ada beberapa hal yang menjadi kenangan tersendiri termasuk untuk anak sekolah baik saat SD, SMP, SMA bahkan saat masih belum masuk SD. Kenangan-kenangan dahulu yang terkadang membuat siapa saja ingin mengulang dan berandai, anak jaman sekarang tahu tidak sih atau apa anak jaman sekarang masih melakukan hal tersebut.

Kenangan pertama adalah bermain layangan di sawah setelah pulang sekolah atau saat sore hari hingga magrib. Saat ini sudah banyak lahan sawah yang dirubah menjadi bangunan misalnya perumahan. Walaupun saat ini masih ada anak-anak yang bermain layangan, terutama di pedesaan, namun sedikit diantaranya yang bisa membuat simpul layangan ataupun membuat layangan sendiri dari bilah bambu yang disambungkan dengan menggunakan senar.

Kedua adalah balapan keong. Bagi anak sekolah, keong menjadi hewan peliharaan yang wajib dimiliki. Keong tersebut akan dibawa bahkan masuk ke kelas dan kemudian di dalam kelas akan saling adu balapan, keong siapa yang paling jago larinya. Ketiga adalah bermain permainan tradisional. Saat ini banyak anak yang tidak tahu ragam permainan tradisional karena hampir setiap anak sudah lebih suka untuk bermain game console, komputer atau smartphone. Salah satu permainan tersebut adalah engklek. Ada juga egrang yang dahulunya dibuat sendiri dari bilah bambu dan kemudian melakukan lomba naik egrang.

Keempat adalah makan sambil jalan dan bercanda dengan teman sambil bersepeda atau jalan kaki sepulang sekolah. Saat ini anak-anak bahkan yang masih duduk di bangku SMP tidak mau sekolah jika tidak menggunakan motor. Jika dahulu, anak-anak lebih sering berjalan kaki dan menggunakan sepeda kemudian pulang bersama bahkan tidak jarang yang bercanda dan memilih jalur yang paling lama untuk sampai ke rumah agar bisa bercanda dengan temannya.

Kenangan lain anak sekolah dahulu yang berkesan yaitu:

  • Menunggu kapal-kapalan yang dinyalakan dengan menggunakan minyak tanah dan api. Mainan yang banyak ditemukan di pasar malam ini menjadi salah satu mainan favorit bagi sebagian besar anak-anak yang bahkan rela untuk membeli lebih dari dua kemudian akan ditandingkan atau dipamerkan di sekolahan.
  • Menghitung dengan menggunakan lidi. Jika saat ini sudah ada kalkulator ataupun ponsel untuk menghitung lebih cepat, jaman dahulu hanya menggunakan sempoa atau dengan lidi yang dipotong-potong. Lidi yang jumlahnya 100 buah tersebut wajib dibawa ke sekolah terutama jika ada pelajaran matematika.
  • Harus membuka hingga banyak windows saat mencari tugas di Internet. Jika saat ini 1 windows sudah bisa membuka hingga banyak tabs, dahulunya Anda pasti harus membuka hingga berpuluh windows untuk membuka 1 halaman hingga tidak jarang membuat layar penuh windows dan komputer error.

Jadi kenangan masa sekolah apa yang Anda miliki?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *