Manfaat Air Garam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Makhluk hidup tidak bisa hidup tanpa air. Ada banyak jenis air dan salah satunya adalah air garam. Air yang terbuat dari campuran air dan garam ini memiliki rasa yang asin dan tidak enak. Namun ada beragam jenis manfaat air garam tidak hanya untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan. Pertama adalah membersihkan luka gigi dan mulut. Luka gigi bisa disebabkan karena gigi tanggal dan air garam yang di kumur tersebut bisa membantu untuk meredakan nyeri serta mempercepat proses penyembuhan. Caranya dalah menggunakan campuran air hangat dan garam dengan dosis yang sama 1:1 lalu dikumurkan setelah makan.

Kedua adalah membantu untuk membersihkan wajah. Air garam bisa membantu untuk membunuh ataupun menghilangkan kotoran dan kuman sehingga bisa menyebabkan wajah menjadi lebih cerah dan segar. Caranya adalah Anda hanya perlu untuk membersihkan wajah dengan menggunakan air garam secara rutin dan teratur. Ketiga adalah mengurangi serta menghilangkan jerawat dengan cara membasuh muka dengan air gram dan jika perlu ditambahkan dengan menggunakan bahan alami lainnya misalnya minyak zaitun.

Keempat adalah mensterilkan tidikan. Manfaat air garam ini banyak direkomendasikan oleh para ahli tindik agar daerah yang ditindik tersebut bersih dan kering. Caranya dalah dengan mencampurkan ¼ sdt garam dengan 1 cangkir air hangat dan kemudian bersihkan di bagian tindikan baru di tubuh Anda 2x sehari setelah Anda mandi. Anda juga bisa merendam daerah yang baru saja ditindik tersebut di air garam selama beberapa menit atau mengompresnya dengan menggunakan kapas bersih. Namun, jangan terlalu lama dalam membasuh karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan proses penyembuhan menjadi tertunda.

Kelima adalah menghilangkan komedo. Selain jerawat, komedo adalah musuh utama dalam masalah kulit di wajah. Cara untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan air garam dengan teratur dan rutin. Keenam adalah menghaluskan kulit. Anda bisa menambahkan garam di bak mandi Anda dan kemudian berendam lalu menggosok tubuh Anda agar tetap halus dan bersih.

Manfaat air garam yang lainnya untuk kesehatan dan kecantikan, diantaranya adalah:

  • Memutihkan gigi dengan cara berkumur dengan air garam atau dengan mengolahnya menjadi pasta kemudian digunakan untuk sikat gigi.
  • Mengatasi sakit pada tenggorokan karena virus dan bakteri terutama pada saat sebelum pilek atau batuk. Caranya adalah dengan berkumur menggunakan air garam dari 1 sdt garam dan 1 gelas air.
  • Menghilangkan kutu air dengan cara merendam kaki Anda yang menderita kutu air dengan larutan garam atau larutan cuka selain harus menggunakan obat dari dokter.
  • Membantu menghilangkan kotoran pada telinga yang bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan air garam dengan alat khusus sehingga kotoran telinga akan keluar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *