Menilik Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu cara untuk menjaga agar tubuh tetap sehat adalah dengan olahraga. Banyak olahraga yang bisa dicoba dan dilakukan, ada yang menggunakan alat dan ada yang tidak menggunakan alat sama sekali seperti jalan kaki. Berjalan kaki adalah satu diantara banyak jenis olahraga murah meriah, namun, tidak banyak orang yang menyadari banyaknya manfaat olahraga tersebut untuk kesehatan tubuh bahkan menurut peneliti di Universitas Stanford, AS mengemukakan jika orang Indonesia adalah orang yang paling malas berjalan kaki.

Jika dilakukan dengan teratur dan rutin, manfaat jalan kaki berikut ini bisa Anda peroleh. Pertama adalah membantu untuk menurunkan berat badan. Menurut dokter, berjalan selama 30 menit per harinya bisa membantu Anda untuk membakar kalori per hari sebanyak 150 kalori. Jarak tempuh dan kecepatan langkah kaki Anda akan berpengaruh pada banyaknya kalori yang terbakar.

Baca juga: Mengenal Pola Gaya Hidup Terkini Yang Negatif Buat Kesehatan

Kedua adalah menjaga kesehatan dan menurunkan kolesterol. Berdasarkan studi, dengan jalan kaki selama 30 menit bisa menurunkan resiko penyakit jantung pada wanita hingga 40% sebab bisa meningkatkan denyut jantung serta sirkulasi darah yang ada dalam tubuh. Selain itu, lewat jalan kaki, kesehatan tubuh bisa terjaga karena jalan kaki juga bisa menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol serta gula darah yang ada di dalam tubuh. Namun, jika sebelumnya Anda sudah memiliki penyakit jantung, maka konsultasikan dahulu ke dokter untuk mengetahui seberapa lama Anda bisa jalan kaki yang sehat untuk tubuh tanpa membebani kerja jantung Anda.

Ketiga adalah mencegah penyakit diabetes tipe 2. Dengan jalan kaki minimal selama 30 menit per harinya secara rutin bisa menurunkan resiko terserang penyakit diabetes tipe 2 hingga 30%. Hal tersebut disebabkan karena dengan berjalan kaki, Anda memicu otot untuk bisa bekerja lebih sehingga menyebabkan kemampuan tubuh untuk menyerap glukosa menjadi meningkat.

Manfaat lain dari jalan kaki untuk kesehatan tubuh, yaitu:

  • Meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan berjalan kaki setidaknya 30 menit bisa membuat kekebalan tubuh menjadi lebih meningkat sehingga tubuh lebih tahan terhadap infeksi yang bisa menyebabkan penyakit.
  • Membuat tidur menjadi semakin lebih nyenyak sehingga tubuh menjadi tidak mudah capek. Selain itu, tubuh akan secara otomatis menjadi lebih mudah untuk melepaskan zat kimia dalam tubuh sehingga menyebabkan Anda akan merasa lebih baik.
  • Mengurangi stress sebab dengan berjalan kaki ataupun melakukan aktivitas fisik yang lainnya bisa memicu hormon endorphin sehingga bisa membuat mood Anda menjadi merasa lebih baik sehingga bisa mengurangi rasa cemas dan depresi.
  • Mencegah terjadinya osteoporosis terutama untuk wanita. Osteoporosis disebabkan karena adanya penipisan tulang yang membuat tulang menjadi keropos, rentan patah dan rapuh. Sehingga dengan jalan kaki secara rutin, bisa membantu mempertahankan kesehatan bagi tubuh Anda.

Jadi, biasakan jalan kaki mulai sekarang agar tubuh tetap sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *