Simak 4 Tips Ini untuk Mengatur Gaya Hidup Remaja Supaya Lebih Sehat

Jika memperhatikan gaya hidup remaja di zaman sekarang tentu memiliki perbedaan yang sangat jauh dengan zaman muda orangtuanya. Perubahan zaman memang mempengaruhi gaya hidup seseorang, dan sayangnya semakin kesini gaya hidup modern kurang bersahabat bagi kesehatan dan psikis seseorang. Kalangan remaja yang menginjak usia belasan tahun sampai menjelang 20 tahunan usahakan untuk diajari bagaimana memilih gaya hidupnya. Sebagai orangtua penting untuk memberikan rambu-rambu namun usahakan dijelaskan dengan teknik yang mudah diterima dan dicerna oleh anak muda seperti mereka.

Tips Mengatur Gaya Hidup Sehat Bagi Remaja

Pergaulan dan juga pola makan, mempengaruhi gaya hidup kalangan remaja secara keseluruhan baiknya orangtua tidak langsung lepas tangan. Simak beberapa tips berikut supaya remaja mampu hidup dengan sehat:

  • Memilih hiburan yang wajar,

Usia remaja biasanya mulai tertarik untuk melakukan banyak percobaan dalam hidupnya, sehingga mudah sekali terjerumus pergaulan tidak tepat. Maka, mulailah selektif memilih lokasi untuk mencari hiburan jauhi tempat-tempat yang bisa mengajarkan gaya hidup tidak sehat. Seperti tempat hiburan yang dekat dengan konsumsi minuman beralkohol ataupun obat-obatan terlarang.

  • Memperhatikan nutrisi makanan yang masuk tubuh,

Makanan menjadi salah satu kunci penerapan gaya hidup remaja yang sehat dan juga memberi manfaat jangka panjang. Usahakan untuk lebih teratur dalam menikmati jam makan, jika sulit dilakukan tiga kali sehari minimal dua kali sehari. Itupun dengan porsi bahan makanan bernutrisi seimbang, ada protein, mineral, karbohidrat, vitamin, dan lain sebagainya. Bila memang diperlukan minum multivitamin atau susu pertumbuhan yang menyempurnakan asupan nutrisi ke tubuh. Semakin banyak nutrisi terserap maka manfaatnya akan dirasakan langsung serta di hari depan.

  • Tetap tekun dalam berolahraga,

Remaja pun baiknya sudah mulai terbiasa melakukan olahraga, baiknya orangtua rutin mengajak anak rajin berolahraga. Pilih jenis olahraga yang mudah dan menyenangkan supaya anak di usia remaja tertarik untuk melakukannya. Selain itu pertimbangkan untuk ikut berolahraga sekeluarga penuh, sehingga sejak dini mereka memang terbiasa berolahraga. Selain olahraga di luar ruangan bisa pula memilih olahraga di dalam ruangan, entah kardi, hula hoop, pilates, dan lain sebagainya. Supaya lebih rajin berolahraga tanpa perlu keluar dari rumah.

  • Nikmati minuman yang lebih sehat,

Selain susu, minuman yang bermanfaat besar bagi tubuh diperoleh dari air putih sehingga di usia remaja perlu mengkonsumsi air putih sebanyak mungkin. Apabila merasa kesulitan mungkin karena sibuk dengan kegiatan di sekolah atau kampus. Pilih makanan berkuah, seperti sayur bening dengan nasi dan lauk untuk memenuhi kekurangan konsumsi air tadi. Bisa pula disempurnakan dengan buah-buahan apalagi beberapa buah memang mengandung lebih banyak air. Menerapkan gaya hidup remaja tentu tidak sulit asal peran orangtua memberikan dukungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *