Tips Sehat untuk Memperkuat Sendi yang Harus Anda Ketahui

Sendi merupakan penghubung kedua tulang yang bisa memungkinkan Anda untuk menekuk, menengok, membungkuk hingga melambaikan tangan. Karena memiliki peran yang cukup krusial, kita harus menjaga sendi sehingga selalu sehat. Ini berarti kita harus menjaga kesehatan otot, ligament dan tulang sehingga tetap kuat. Menjaga kesehatan sendi ternyata harus melakukan berbagai macam hal seperti mengelola pilihan makan, gaya hidup, olahraga dan yang lainnya. lantas apa tips sehat untuk memperkuat dan melindungi sendi?

Pertama, memiliki berat yang ideal. Kelebihan berat badan bisa menyebabkan sendi-sendi menanggung beban yang besar. Semakin besar bobot tubuh seseorang akan semakin tinggi pula resiko gangguan yang bisa muncul pada sendi. Menurunkan berat badan sampai di angka normal bisa mengurangi beban kerja sendi. Duduk sepanjang hari sambil mengetik, ngemil bisa meningkatkan resiko yang menyebabkan gangguan sendi. Semakin banyak bergerak, sendi Anda bisa menjadi semakin lentur dan memiliki peluang untuk terhindar dari berbagai macam gangguan. Anda BISA Mengambil jeda setengah jam sekali dalam sehari untuk berolah raga sehingga bobot tubuh tidak akan terus bertambah dan sendi menjadi tetap aman.

Baca juga: Tips Sehat Saat Memasuki Usia Tua

Kedua, konsumsi nutrisi yang memperkuat sendi. Tips sehat untuk memperkuat sendi hingga tua adalah mengkonsumsi berbagai macam nutrisi yang membuat sendi tetap kuat. Pastikan Anda mengkonsumsi kalsium dengan cukup, kalsium bisa didapatkan dari brokoli, susu, yoghurt dan kedelai. Anda juga bisa meminta dokter memberikan suplemen kalsium bila merasa kebutuhan kalsium tidak tercukupi. Bukan hanya kalsium, ada pula nutrisi protein yang diperoleh otot, protein dapat didapatkan dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, daging. Bahkan, vitamin C dan D juga sangat penting untuk penyerapan kalsium.

Ketiga, membiasakan diri melakukan olahraga secara teratur. Anda bisa melakukan olahraga seperti senam aerobik. Tanpa kita tahu, ternyata senam ini bisa meredakan pembengkakan sendi. Namun bila Anda sedang mengalami nyeri sendi, lebih baik mencoba olahraga lainnya yang tidak memiliki resiko seperti bersepeda atau berenang. Olahraga angkat beban sebetulnya juga membantu membentuk otot penyangga sendi. Bila tidak mempunyai dumbbell, Anda bisa menggantinya dengan botol air yang terisi penuh. Agar bisa memperoleh jaminan keamanan dalam berolahraga, pergunakan jasa pelatih profesional di pusat kebugaran.

Tips sehat membuat sendi tetap kuat yang terakhir ialah jangan melakukan olahraga secara berlebihan. Olahraga merupakan aktivitas mengolah fisik yang bila dilakukan secara rutin bisa menjadikan tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Tetapi manfaat olahraga tidak akan Anda dapatkan jika Anda melakukannya secara berlebihan, oleh sebab itu Anda harus bisa mengenali tanda tubuh membutuhkan istirahat, biasanya sendi akan terasa nyeri sesudah berolahraga berhari-hari. Lakukan istirahat sejenak. Selain berbagai langkah tersebut, sangat disarankan untuk selalu memeriksakan diri bila mengalami rasa sakit karena gangguan sendi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *