Gaya Hidup Masyarakat Asing yang Patut untuk Ditiru

Masyarakat di negara timur sangat terkenal akan tata-krama dan memiliki budaya malu yang besar. Meski begitu, entah mengapa budaya tersebut seolah kini telah bergeser karena banyaknya masyarakat dari negara timur yang seolah lebih menganut budaya barat yang cenderung bebas. Namun tunggu dulu, gaya hidup masyarakat barat yang bebas ini juga bukan selalu negatif karena ternyata banyak juga sisi positif yang seharusnya ditiru.

Tetapi pada prakteknya, justru gaya hidup negatif dari barat yang cenderung lebih banyak ditiru sehingga seolah gaya hidup orang barat itu selalu buruk. Padahal jika dilihat kembali lebih dalam, sebetulnya banyak sekali hal positif yang bisa ditiru dari budaya barat, seperti:

  • Tidak suka basa basi

Basa basi bisa menyita waktu serta tidak kreatif, itulah pemikiran dari kebanyakan orang barat. Mereka lebih suka pembicaraan yang berkualitas dan selalu to the point sehingga tidak perlu banyak beremeh-temeh dan membicarakan hal yang tidak perlu. Hal ini tentu ada baiknya ditiru sehingga lebih menghemat waktu dan langsung ke pokok masalah.

  • Menghargai waktu

Ungkapan waktu adalah uang mungkin memang betul-betul dijalankan oleh para orang asing dimana mereka sangat menghargai waktunya. Meski memang waktu tidak selalu bermakna uang, namun adanya waktu mampu memberikan kesempatan dan peluang yang lebih banyak dimanfaatkan untuk hal baik. Salah satu tanda gaya hidup masyarakat barat menghargai waktu adalah mereka selalu tepat waktu dan tidak ngaret.

  • Berani mengambil resiko

Semangat pantang menyerah dan kebal akan hinaan dari orang lain juga menjadi hal yang bisa ditiru dari orang barat. Dengan berani mengambil resiko atas pilihan hidupnya, mereka akan mampu menikmati hidup seperti yang mereka inginkan dan bukan hanya atas suruhan atau pandangan orang lain akan diri mereka. Kepercayaan diri dan mampu mengambil resiko ini adalah hal yang sangat baik untuk ditiru.

  • Mandiri di usia dini

Hampir semua orang tua di dunia barat selalu mengajarkan apa arti kemandirian sejak dini sehingga anak cenderung lebih siap untuk bisa mandiri di usianya yang masih belia. Dengan hidup tanpa harus bergantung pada orang tua terus menerus, maka mereka akan mampu mengambil keputusan yang lebih bertanggung jawab di masa mendatang.

  • Kerja efektif

Sudah bukan rahasia lagi jika orang barat selalu mampu bekerja dengan efektif dan efisien. Mereka tidak terpaku pada waktu, namun pada hasil.

Itulah beberapa gaya hidup masyarakat barat yang bisa diambil dari sisi positifnya. Dengan meniru kebiasaan positif dan membuang yang negatif, maka diharapkan masyarakat pun bisa lebih menghargai diri sendiri, waktu dan pastinya produktivitasnya akan semakin maksimal.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *