Lifestyle Indonesia yang Buruk dan Harus Diubah

Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia merupakan negara yang amat kaya dengan berbagai sumber dayanya. Selain itu, masyarakat Indonesia juga terkenal keramahannya di mata dunia. Meski memang banyak kelebihan dari Indonesia, namun Indonesia juga bukan tanpa cela. Banyak sekali kebiasaan dan lifestyle Indonesia masyarakatnya yang kurang bagus untuk ditiru sehingga seharusnya diubah sesegera mungkin. Memang untuk mengubahnya tidak akan mudah, namun setidaknya perubahan bisa dimulai dari diri sendiri terlebih dulu.

Berikut ini beberapa lifestyle Indonesia yang kurang bagus dan seharusnya segera diubah:

  • Tidak menaati peraturan rambu lalu lintas

Pernahkah Anda di tilang oleh polisi? Mungkin ada yang menjawab sudah dan ada juga yang belum. Namun pernahkah Anda melawan peraturan lalu lintas? Mungkin hampir semua pengendara baik motor hingga mobil pernah melakukannya baik ketika tidak atau ada polisi sekalipun. Mulai dari melawan arus, tidak memakai helm, tidak membawa surat kendaraan hingga melawan rambu lalu lintas kerap ditemukan dimana-mana.

  • Tidak sabar dalam antrian

Jika melihat bebek berbaris, banyak masyarakat yang kerapkali heran. Ya memang, hal ini lantaran masyarakat Indonesia sangat sulit untuk diajak kerjasama untuk mengantri. Seringkali jika sudah banyak yang tertib antri, ada saja satu atau dua orang yang menjadi provokator dan menghancurkan antrian sehingga ketertiban tidak bisa dijalankan yang membuat antrian menjadi buyar.

  • Sulit ditertibkan

Entah mengapa masyarakat Indonesia sebagian besarnya sangat sulit untuk ditertibkan dalam banyak hal. Hal ini tentu amat mengherankan karena sudah jelas ada peraturan di setiap sisi kehidupan. Anda bisa melihat betapa sulitnya masyarakat ditertibkan misalnya banyak PKL yang mendesak trotoar, banyaknya pelanggar rambu lalu lintas dan masih banyak lagi.

  • Terlambat

Salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia yang sudah terkenal sampai ke luar negeri adalah kebiasaan terlambat dalam hal apapun. Mungkin janjian bisa jam 12, namun datang jam 1 adalah hal yang biasa. Kebiasaan ini tak hanya dikenal di dalam negeri bahwa Indonesia memiliki jam karet, namun orang asing pun juga banyak yang sudah hafal akan hal ini.

  • Lebih cinta produk luar negeri

Sebetulnya banyak sekali produk Indonesia yang diakui di luar negeri namun justru kerapkali tidak diakui oleh masyarakat Indonesia itu sendiri. Hal ini lantaran pandangan orang Indonesia kalau memakai produk luar itu keren.

Itulah beberapa lifestyle Indonesia di masyarakatnya yang seharusnya diubah sejak sekarang. Memang tidak bisa dipukul rata bahwa semua masyarakat Indonesia demikian karena banyak juga masyarakat yang taat pada aturan. Namun hal ini memang terjadi pada mayoritas masyarakatnya. Untuk mengubah pun sebetulnya mudah saja, asalkan dilakukan mulai dari diri sendiri terlebih dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *