Ubah Gaya Hidup Mewah dan Konsumtif dengan Tips Berikut Ini

Gaya hidup modern yang serba dinamis dan praktis menjadikan pola hidup manusia pun cenderung berubah menjadi semakin konsumtif. Hal ini juga karena pengaruh teknologi yang berkembang begitu cepatnya sehingga menjadikan daya beli masyarakat pun kian cepat. Memang dapat disadari jika pola hidup konsumtif serta gaya hidup mewah mampu memberikan kepuasan tersendiri. Namun hal ini akan memberikan dampak yang negatif untuk kesehatan keuangan Anda karena cenderung dalam kategori pemborosan.

Memang sesekali melakukan pemborosan karena telah bekerja dan menghasilkan uang sah-sah saja. Namun akan berbeda jadinya jika hal ini terus terjadi terus menerus sehingga membuat kesehatan keuangan Anda menjadi semakin buruk. Belum lagi jika pemborosan dilakukan dengan menggunakan kartu kredit sehingga menumpuk hutang hari demi hari. Lalu apa yang bisa dilakukan? Berikut ini beberapa tips untuk menghentikan semua kebiasaan pemborosan tersebut:

Baca juga: Ulasan Seputar Gaya Hidup Mewah Masyarakat Dubai

  • Menabung

Yang pertama adalah dengan menabung. Sederhana, namun sedikit sulit untuk dilakukan guna menyimpan uang untuk bisa ditabung terlebih bagi mereka yang sudah terjebak dalam hidup yang konsumtif. Menabung tidak harus dalam jumlah yang banyak, Anda bahkan bisa menyisihkan 10% saja dari gaji untuk disimpan sebagai tabungan.

  • Membuat anggaran belanja

Banyak yang kurang mengetahui pentingnya pembuatan anggaran belanja ini karena dianggap tidak akan memberikan pengaruh apapun. Padahal jika ditilik kembali, pembuatan anggaran ini akan mampu menahan diri Anda untuk boros dan selalu menerapkan gaya hidup mewah. Catat segala jenis perencanaan untuk pengeluaran Anda berdasar pendapatan yang dimiliki. Selanjutnya adalah dengan menepati semua rencana yang sudah disusun tersebut.

  • Prioritaskan kebutuhan

Kebutuhan sangat berbeda dengan keinginan. Hampir semua orang sudah tahu akan hal ini. Namun pada kenyataannya, ternyata tidak sesederhana itu karena banyak yang terperangkap akan keinginan dan justru melewatkan kebutuhan. Untuk itu, pahami dulu seberapa butuh Anda dengan barang tersebut. Jika masih ada yang lain dan layak, maka barang tersebut hanya sebuah keinginan semata.

  • Hindari memakai kartu kredit

Kartu kredit merupakan godaan yang harus Anda lawan. Hal ini lantaran kemudahannya membuat banyak orang suka menggunakannya tanpa pertimbangan tagihan di akhir bulan yang bisa membengkak nantinya. Oleh karena itu, hindari terlalu banyak memakai kartu kredit meski banyak iming-iming promo hingga cicilan 0%. Bayar dengan uang tunai akan dirasa lebih bijak.

Itulah beberapa tips untuk bisa menghentikan pemborosan yang sering Anda lakukan. Memang gaya hidup mewah sah-sah saja dilakukan asalkan memang mampu. Namun di era yang serba hedon seperti saat ini, sebetulnya banyak yang kurang mampu namun berusaha mati-matian untuk diakui mewah dan kaya sehingga hal inilah yang sebetulnya salah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *