Bahagia dengan Gaya Hidup Sederhana Anti Hedonisme

Hidup yang bahagia tentu menjadi tujuan semua orang. Namun entah mengapa di dunia yang serba modern seperti saat ini semua orang selalu melihat kebahagiaan dari segi materi semata. Gaya hidup hedonisme kini sedang menjadi sorotan karena memang semenjak adanya media sosial gaya hidup serba hedon ini semakin menjadi karena seolah orang-orang yang menerapkan gaya hidup tersebut butuh diakui oleh masyarakat secara luas. Hedonisme sendiri merupakan pandangan hidup yang menganggap jika kesenangan materi merupakan tujuan hidup dan menjadi lawan dari gaya hidup sederhana.

Banyak orang yang memiliki pandangan ini menganggap jika kebahagiaan akan bisa didapat jika memiliki materi yang banyak dan melimpah. Untuk itu, mereka cenderung tidak peduli terhadap apa yang dilakukannya demi bisa mendapatkan keberlimpahan dalam hal materi tersebut baik cara yang halal maupun tidak. Memang tidak ada larangan untuk memiliki pandangan hidup semacam ini karena ini menyangkut pribadi. Namun ada baiknya jika memilih untuk hidup secara sederhana karena sebetulnya kebahagiaan itu bukan sekedar materi semata, namun apa yang dapat Anda nikmati.

Berikut ini beberapa tips untuk menghindarkan diri dari pandangan hedonisme:

  • Hidup dengan sederhana

Gaya hidup sederhana akan menghindarkan Anda dari gaya hidup serba hedon. Bahagia sebetulnya bisa didapat dari hal sederhana dan tanpa kemewahan pun sebetulnya hidup bisa tenang dan senang. Dengan cara hidup seperti ini, maka Anda akan bisa lebih terjaga dari sifat serakah dan tamak. Bersyukur menjadi kunci utama.

  • Skala prioritas

Gaya hidup hedon selalu disangkutpautkan dengan sifat yang konsumtif. Untuk itu, Anda harus bisa membuat skala prioritas dalam kehidupan dengan mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

  • Hati-hati memilih teman

Siapa saja bisa Anda jadikan teman, namun tetap harus berhati-hati. Lingkungan pergaulan kerapkali menjadi sumber gaya hidup hedon karena ingin menyamai teman lainnya. Untuk itu bertemanlah hanya dengan mereka yang mampu memberi efek positif terhadap jiwa Anda.

  • Mendekatkan diri ke Tuhan

Sisi religiusitas akan membuat Anda tidak selalu memandang dunia semata, namun juga dari segi rohaniah. Dunia memang penuh gemerlap dan keindahan, namun semua itu tidak bisa menjamin Anda bahagia. Mendekat kepada Tuhan, berdoa dan beribadah adalah justru jawaban untuk semua permasalahan hidup.

Itulah beberapa tips untuk bisa mencegah diri dari sifat dan pandangan hedonisme. Gaya hidup sederhana cenderung akan bisa membuat pelakunya bahagia dan hidup dengan tentram karena tidak selalu memikirkan pandangan orang lain akan dirinya. Selain itu jangan lupa untuk selalu banyak memberi dan berbagi karena menolong orang lain akan membuat Anda lebih bahagia dan merasa tentram jiwanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *