Referensi Gaya Hidup Bahagia Ala Orang Zaman Dulu

Semenjak munculnya beragam teknologi, kini gaya hidup yang dilakukan oleh manusia banyak mengalami perubahan. Mereka seolah cenderung sangat adiktif dengan teknologi sehingga membuatnya lupa bahwa sebetulnya kehidupan di dunia nyata jauh lebih penting. Segala hal yang praktis dan simpel menjadi keunggulan dari kehidupan modern masa kini. Tetapi jika dilihat kembali, ternyata banyak masyarakat yang tidak bahagia dengan kehidupan semacam itu. Namun lihatlah orang zaman dulu yang justru selalu bahagia padahal hidup tidak sepraktis seperti sekarang. Untuk itu, tak salah jika menjadikan referensi gaya hidup orang zaman dulu untuk dipraktekkan kembali.

Berikut ini beberapa kebiasaan sederhana orang zaman dulu yang patut ditiru:

Baca juga: Referensi Gaya Hidup, Mengenal Bentuk Gaya Hidup Di Masyarakat

  • Makanan

Makanan zaman dulu cenderung masih alami dan jarang sekali ditemukan makanan instan seperti saat ini. Orang zaman dulu selalu menikmati setiap proses menyajikan makanan dengan memasaknya sendiri. Bahkan makanan yang disantap kebanyakan adalah hasil tanaman sendiri dari alam yang diambil langsung sehingga tak heran jika orang zaman dulu hidupnya sehat.

  • Keseharian

Dalam keseharian, semua hal dilakukan secara manual dan sederhana mulai dari cuci baju menggunakan tangan, masak sendiri, bepergian masih jalan kaki dan masih banyak lagi kesederhanaan hidup tersebut. Meski memang bisa dibilang kemampuan finansialnya jika sekilas saja terlihat tidak mencukupi, namun dengan keseharian dan cara hidup demikian mereka bisa hidup dengan bahagia. Inilah yang bisa jadi referensi gaya hidup untuk masyarakat di zaman sekarang.

  • Kehidupan sosial

Mungkin kini status sosial seseorang bisa dilihat dari jumlah follower di instagram atau teman di facebook. Namun pada kenyataannya, teman di dunia maya tersebut tidaklah nyata. Coba lihat orang zaman dulu yang kehidupan sosialnya terjaga. Tanpa perlu ponsel hingga media sosial, justru mereka memiliki teman tulus dan tetangga yang selalu siap bantu tanpa ada pamrih sekalipun. Dengan komunikasi langsung, ternyata dunia jauh terlihat lebih indah dan tanpa topeng seperti yang ada di media sosial.

  • Karakter

Orang zaman dulu masih lebih menghargai budaya dan tata krama yang diturunkan oleh tetua. Hal ini bisa terlihat jika orang yang lebih tua selalu dihormati dan yang lebih mudah di kasihi. Rasa hormat inilah yang mendorong karakter santun dan berbudi pada orang zaman dulu.

  • Fisik dan mental

Penyakit kanker, jantung dan penyakit parah justru baru-baru ini banyak diderita oleh manusia di masa modern. Hal ini tentu adalah pengaruh dari kondisi fisik dan mental keseharian yang sebetulnya tidak sehat.

Itulah beberapa referensi gaya hidup ala orang zaman dulu untuk mendapat kebahagiaan. Bahagia bukanlah ditentukan dari seberapa banyak materi, berapa banyak like di instagram atau pujian yang dilontarkan orang lain, namun lebih kepada apa yang bisa Anda nikmati di hidup ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *