Memilih Kacamata Berdasarkan Bentuk Wajah

Kacamata adalah satu dari sekian banyak aksesoris yang dapat dipakai untuk menunjang penampilan. Bukan hanya itu saja, benda ini juga dibutuhkan untuk membantu penglihatan karena memiliki lensa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Selain itu, benda ini juga dapat dikenakan untuk melindungi mata dari sinar matahari, radiasi dan berbagai pengaruh buruk lingkungan sehingga fungsi dan nilai gunanya sangatlah bermanfaat untuk berbagai kalangan apabila digunakan dengan tepat sesuai keperluan. Karena setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda-beda, maka sesuaikanlah kegunaan benda tersebut dengan kebutuhan Anda. Selain itu, sesuaikan juga bentuk lensa dan frame yang dikenakan berdasarkan bentuk wajah supaya penampilan wajah terlihat lebih menarik dan seimbang. Pastikanlah bentuk lenda dan frame yang digunakan dapat menunjang bentuk wajah Anda dengan baik dan maksimal.

Tips memilih kacamata berdasarkan bentuk wajah:

Bila Anda suka atau sedang menggunakan kacamata, akan tetapi saat ini belum tahu bagaimana memilih kacamata, berikut ini adalah tips memilih kacamata berdasarkan bentuk wajah.

Memilih Kacamata Berdasarkan Bentuk Wajah

• Wajah oval.

Wajah oval biasanya ditandai dengan bentuk wajah yang panjang dan agak melebar. Berbagai gaya frame dan lensa aksesoris yang dikenakan sangatlah beragam dan semuanya cocok dipakai oleh Anda yang berwajah oval. Salah satu contoh bentuk lensa yang paling cocok adalah berbentuk persegi panjang dengan kurva agak melengkung. Pilihan bentuk lensa tersebut yang paling pas untuk wajah oval karena dapat menyeimbangkan bentuk wajah dengan baik. Akan tetapi, pemilihan frame yang terlalu besar perlu dihindari untuk mencegah tampilan wajah yang kurang seimbang.

• Wajah bulat.

Mayoritas masyarakat Indonesia memiliki bentuk wajah yang bulat. Biasanya bentuk wajah bulat cenderung tidak memiliki sudut sehingga bentuk lensa aksesoris mata yang dipakai harus geometries. Pilihlah aksesoris mata yang memiliki bentuk garis yang agak tajam dan tegas untuk menyamarkan bentuk wajah yang bulat, misalnya persegi panjang, kotak dan lain-lain.

• Wajah hati.

Untuk Anda yang memiliki bentuk wajah menyerupai hati dengan dahi yang lebar dan dagu yang agak bulat meruncing, pilihlah kacamata dengan desain bulat agar pipih untuk membuat tampilan wajah yang lebih menarik. Selain itu, bentuk bingkai yang cocok bagi pemilik wajah berbentuk hati adalah bentuk-bentuk yang dekoratif sehingga menghasilkan penampilan yang unik.

• Wajah persegi panjang.

Bagi Anda yang memiliki bentuk wajah lonjong dan cenderung seperti persegi panjang, bentuk-bentuk aksesoris mata yang tepat adalah bentuk yang agak lebar untuk menyamarkan bentuk wajah yang luas sehingga penampilan bentuk wajah terlihat lebih ideal. Sedangkan hindarilah frame yang kecil supaya bentuk wajah tidak semakin terlihat besar dan lebar.

• Wajah diamond.

Untuk Anda yang memiliki wajah yang bentuknya seperti berlian atau diamond dengan bentuk dahi dan dagu yang lebih sempit dari bagian rahang atau pipi, pilihlah bentuk aksesoris mata yang unik seperti cat eye untuk menyamarkan garis tegas yang ada di bagian tulang pipi. Selain itu, bingkai yang tipis sangat membantu untuk menghasilkan tampilan wajah yang lebih serasi.

Selain berdasarkan bentuk wajah, memilih aksesoris mata juga perlu dilakukan berdasarkan faktor lain seperti ukuran bingkai, warna kulit dan lain-lain. Fitur aksesoris yang dipakai juga haruslah tepat dan sesuai kebutuhan masing-masing. Untuk mata minus, plus atau silinder dan lainnya, sesuaikanlah ukuran lensa dengan kebutuhan mata untuk membantu penglihatan. Sedangkan untuk kebutuhan gaya, pilihlah kacamata yang dilengkapi dengan fitur anti radiasi untuk melindungi mata dari berbagai gangguan dan masalah seperti debu, polusi, sinar UV matahari dan lain sebagainya sehingga fungsi dan pemakaiannya terasa sangat berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *