Cara Sehat Memelihara Binatang di Rumah untuk Mencegah Penyakit Pada Hewan

Hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci, landak mini atau sebagainya memang bisa melepaskan stres dan menjadi teman yang setia kala sedang sendirian di rumah. Kelucuan mereka bisa melepaskan penat setelah seharian bekerja atau bersekolah. Namun terkadang ada hal-hal atau isu-isu mengenai kesehatan yang didengar dan bisa mengurungkan niat mereka yang ingin mengadopsi hewan peliharaan. Padahal hewan adalah sama-sama makhluk Tuhan yang patut manusia jaga dan lestarikan. Bagi Anda yang ingin memelihara binatang di rumah, berikut ini adalah cara sehat yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit pada hewan dan penularannya pada manusia.

Hewan merupakan makhluk yang memiliki insting atau naluri. Jenis hewan tertentu bahkan memiliki naluri kebersihan yang lebih tinggi dari pada manusia. Kelinci misalnya, ia memiliki insting untuk membersihkan dirinya sendiri ketika ada kotoran yang menempel pada tubuhnya. Demikian juga dengan binatang lain seperti kucing dan anjing. Namun mungkin manusia masih kurang percaya dengan keahlian binatang-binatang tersebut untuk mandi sendiri sehingga mereka bisa memandikan hewan peliharaan secara rutin menggunakan shampoo anti bakteri. Dengan begitu hewan peliharaan akan senantiasa wangi dan bersih.

Mengetahui penyakit-penyakit yang sering diderita satu hewan tertentu yang akan dipelihara adalah informasi yang sangat penting. Dengan melakukan pencarian informasi terlebih dahulu Anda bisa menyediakan obat yang diperlukan. Anda juga bisa mencari tahu gejala yang bisa ditunjukkan si hewan ketika ia akan terserang suatu penyakit sehingga bisa mengatasinya sebelum bertambah parah. Cara sehat menjaga stamina hewan dengan memberi makanan bergizi dan benar adalah cara pemeliharaan yang paling baik dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa tips bagi Anda yang hendak memelihara binatang kesayangan di rumah untuk teman bermain:

  1. Pelajari siklus hidup hewan tersebut mulai dari umur anakan, usia kawin dan rentang usia hidupnya.
  2. Pelajari cara perawatan yang benar.
  3. Kalkulasi biaya yang diperlukan untuk merawatnya termasuk biaya kesehatan.
  4. Sediakan tempat hidup yang layak untuk hewan seperti kandang, area bermain dan sebagainya.
  5. Pastikan Anda memiliki waktu untuk merawatnya.

Penyakit yang ditularkan oleh hewan sejatinya adalah karena manusia si pemilik malas untuk mengupayakan kesehatan pada hewan tersebut. Misalnya kucing yang tidak diberi makan secara rutin sehingga berburu tikus bisa menyebabkan adanya tokso, demikian juga pada monyet dan anjing. Kelinci yang kandangnya kurang bersih juga bisa mengalami jamur yang menyebabkan gatal pada manusia dan contoh-contoh lainnya. Cara sehat memelihara hewan adalah dengan berkomitmen untuk memelihara mereka dengan sebaik-baiknya bukan hanya karena Anda membeli mereka dengan harga yang mahal namun karena mereka adalah makhluk hidup yang berada dalam perlindungan Anda. Memiliki hewan peliharaan adalah sebuah komitmen yang harus dilakukan setiap hari, sama ketika Anda memiliki adik atau anak kecil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *