Tips Sehat Berkunjung ke Rumah Sakit untuk Mencegah Tertular Kuman Penyakit

Rumah sakit merupakan tempat berkumpulnya orang sakit untuk mendapatkan pengobatan. Namun meski begitu bukan hanya orang sakit saja yang berkunjung ke rumah sakit. Orang yang sehat pun seringkali datang baik sebagai tenaga kesehatan, tamu yang ingin membesuk saudara ataupun karyawan yang bekerja di sana. Berkunjung ke rumah sakit bukan tanpa resiko karena di sana banyak sumber penularan penyakit terutama dari pasien yang mengidap sakit infeksi. Bagi Anda yang sering atau akan berkunjung ke rumah sakit, berikut ini adalah tips sehat yang bisa Anda lakukan untuk mencegah tertular kuman penyakit.

Untuk berkunjung ke rumah sakit yang terdapat banyak sumber penyakit, terlebih dahulu Anda harus memastikan kondisi badan Anda sedang sehat atau fit. Hal ini sangat perlu karena jika kondisi badan kurang sehat dapat memudahkan kuman penyakit yang ada di sana untuk menginfeksi Anda. Misalnya ada pasien batuk atau flu yang berobat dan kumannya tak sengaja Anda hirup. Jika badan dalam kondisi prima maka kuman tersebut tidak akan menyebabkan sakit. Namun jika sebaliknya maka bisa jadi Anda justru akan tertular penyakit.

Baca juga: Tips Sehat Untuk Para Penderita Diabetes

Tips yang lain adalah menggunakan masker atau alat kesehatan yang bisa mencegah penularan penyakit. Masker merupakan salah satu sarana untuk mencegah penularan penyakit yang bisa digunakan oleh orang yang sakit atau orang yang sehat. Digunakan oleh orang yang sakit bertujuan agar ia tidak menularkan penyakitnya pada orang lain. Digunakan oleh orang yang sehat agar ia tak mudah terkena kontaminasi penyakit atau debu dari sumber sakit.

Tips sehat berikutnya adalah selalu mencuci tangan sebelum masuk ke ruang perawatan dan sesudah keluar dari ruang perawatan. Rumah sakit yang baik akan menyediakan alat pencuci tangan berupa cairan alkohol yang bisa membunuh kuman penyakit di tempat-tempat yang mudah dijangkau. Dengan cairan tersebut, ketika Anda menjenguk saudara yang sakit, Anda harus terlebih dahulu membilas tangan Anda sebelum memasuki ruangannya. Hal ini ditujukan agar Anda tidak membawa kuman penyakit yang bisa memperparah kondisi pasien. Kemudian setelah keluar dari ruang perawatan, cucilah kembali tangan agar kuman yang mungkin menempel dari si pasien pada Anda tidak terbawa lebih lama.

Tips sehat selanjutnya adalah jangan membawa anak di bawah umur untuk membesuk pasien meski pasien tersebut adalah sesama anak kecil. Anak memiliki kekebalan tubuh yang masih rendah sehingga sangat rentan penyakit. Karenanya jika ingin membesuk teman sebaya anak Anda, besuklah sendiri atau bersama pasangan. Bawalah anak Anda untuk menjenguk ketika si pasien telah sembuh dan jenguklah di rumah tinggalnya. Dengan begitu anak Anda tidak beresiko tertular kuman penyakit yang ada di rumah sakit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *