Gaya Hidup Islami dalam Membesarkan Anak

Menjadi orang tua adalah anugerah yang diberikan Tuhan yang juga mengandung suatu kewajiban untuk menjadi seorang panutan yang baik bagi mereka. Anak ibarat kertas putih yang bisa di corat-coret untuk menghasilkan warna tertentu. Jika orang tua mendidik dengan benar dan menafkahi dengan harta yang halal, maka insya Allah anak akan tumbuh menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang. Dalam mendidik anak, banyak orang tua muslim yang menggunakan gaya hidup Islami dengan tujuan agar anak lebih mudah mendekatkan diri dengan agamanya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan yang sesuai dengan ajaran Islam untuk membesarkan anak Anda.

Banyak doa-doa yang diajarkan agama Islam untuk manusia dalam menjalani kehidupannya. Doa tersebut tentunya mengandung pengharapan yang baik akan keberhasilan dan manfaat dari kegiatan yang dilakukan agar selalu mendapat pengawasan dan ridho dari Sang Pencipta. Ajarkan doa-doa pada anak Anda dari usai dini dengan cara membiasakannya membaca doa sebelum melakukan sesuatu. Adapun doa pokok yang hendaknya diajarkan pada anak yaitu:

  • Doa bangun tidur.
  • Doa sebelum makan.
  • Doa sebelum bepergian.
  • Doa sebelum belajar.
  • Doa untuk orang tua.
  • Doa sebelum tidur.
  • Dsb.

Mengajarkan gaya hidup Islami pada anak berarti mengajarkan tentang apa yang diperintahkan dan apa yang dilarang sejak dini. Ajarkan pada mereka untuk melakukan kewajiban sebagai umat Islam yaitu dengan mengajarkan sholat berjama’ah. Kewajiban sholat pada anak dimulai ketika ia berusia 7 tahun. Kenalkan ia pada masjid meski masih bermain-main di dalamnya. Kenalkan dengan cara mengaji yang benar dengan mendampinginya belajar membaca Al Qur’an. Ingatan anak lebih cepat dari pada orang dewasa sehingga jika Anda membiasakannya setiap hari maka ia akan cepat terbiasa dan melakukan hal tersebut sebagai kewajiban sekaligus rutinitas.

Menggunakan bahasa arab untuk kehidupan sehari-hari memang banyak juga dilakukan di Indonesia. Namun hal tersebut perlu dikaji ulang karena anak nantinya akan banyak berinteraksi dengan anak lain yang mungkin tidak bisa menggunakan bahasa yang sama. Ajarkan bahasa ibu dan bahasa nasional sebelum mengajarkan bahasa lain. Tetapi jika Anda memang mempersiapkan anak untuk belajar di negara Arab maka hal tersebut bisa dijadikan persiapan dini.

Gaya hidup Islami akan baik dilakukan dengan cara membiasakan anak sedari dini untuk mengenal ajaran agamanya. Lakukan dengan perlahan tanpa paksaan agar anak terbiasa melakukannya tanpa terbebani. Jangan terlalu cepat memberi kewajiban pada anak karena anak akan ketakutan jika Anda memaksanya. Cara yang paling baik adalah dengan memberi contoh di kehidupan sehari-hari sehingga anak bisa belajar langsung dari orang tua sebagai orang yang paling dekat dan ia sayangi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *