Gaya Hidup Masyarakat Indonesia dalam Penggunaan Teknologi

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang heterogen dimana terdapat berbagai perbedaan yang meliputi wilayah, suku, agama, ras, adat dan bahasa. Namun dalam kehidupan masyarakat Indonesia kesederhanaan merupakan gaya hidup masyarakat utama yang telah menjadi budaya sejak jaman nenek moyang kita terdahulu. Nilai kesederhanaan yang diwariskan oleh nenek moyang ini, kini agaknya mulai terkikis dengan adanya berbagai kemajuan teknologi, dimana berbagai hal selalu ditawarkan dengan penuh kemewahan, kepraktisan dan kemudahan dalam mendapatkannya. Kemajuan dalam bidang teknologi ini, akan lebih baik kita gunakan dengan tetap menjunjung nilai kesederhanaan yang telah membudidayakan sejak dulu.

Penggunaan teknologi yang disertai dengan prinsip kesederhanaan, akan dapat membawa masyarakat dalam kehidupan yang lebih baik dan mapan. Dengan adanya kesederhanaan yang diterapkan dalam kehidupan, teknologi dapat menjadi salah satu alat untuk mempermudah dan mempercepat berbagai kegiatan yang dimiliki oleh masyarakat, tanpa adanya pemborosan dan sikap hidup yang penuh dengan kemewahan.

Berikut ini beberapa pemanfaatan teknologi yang dapat Anda sesuaikan dengan gaya hidup masyarakat Indonesia yang penuh dengan kesederhanaan, yang antara lain adalah:

Baca juga: Ciri-Ciri Gaya Hidup Masyarakat Modern

  • Menggunakan internet untuk media pencarian berbagai informasi terkait dengan pengetahuan dan hal lain yang bermanfaat.
  • Menggunakan smartphone untuk saran berkomunikasi dengan teman, kerabat ataupun pihak lain yang memang diperlukan, agar hubungan persaudaraan ataupun bisnis dapat terjalin dengan lancar.
  • Memanfaatkan sarana transportasi sesuai dengan kebutuhan, agar perjalanan menjadi lebih mudah dan nyaman, sehingga tujuan perjalanan dapat tercapai dengan mudah.
  • Menggunakan berbagai peralatan rumah tangga untuk mempermudah pekerjaan rumah tangga, sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan saja.
  • Menggunakan berbagai teknologi untuk memberikan pembelajaran baik disekolah, rumah ataupun lingkungan lainnya.

Penggunaan teknologi yang tepat guna, akan memberikan manfaat lebih bagi masyarakat Indonesia. Oleh karenanya sebagai masyarakat Indonesia, sudah selayaknya kita menggunakan teknologi hanya untuk kepentingan yang memang bermanfaat, dan jangan menggunakannya hanya untuk kesenangan semata. Teknologi yang digunakan hanya untuk kesenangan semata, akan dapat membawa dampak negatif dalam kehidupan yang kita jalani. Selain adanya pemborosan terhadap tenaga listrik yang kita gunakan sebagai sumber utama dalam menjalankan teknologi tersebut, teknologi yang kita gunakan tanpa mempertimbangkan kebutuhan akan dapat membawa kita pada pemborosan dalam segi keuangan.

Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini alam penggunaan teknologi memang telah sedikit melenceng dari prinsip kesederhanaan yang ditanamkan oleh leluhur kita. Banyaknya para pecandu game dan media sosial merupakan bukti utama dari penggunaan teknologi yang melenceng dari prinsip kesederhanaan. Oleh karena itu sebagai masyarakat Indonesia yang menghargai sikap dan sifat leluhur kita, sudah selayaknya kini kita mulai berbenah diri dan hanya menggunakan teknologi untuk hal yang memang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *