Nilai Keindahan dari Lifestyle Indonesia yang Penuh Perbedaan

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang ada di dunia, dan terkenal dengan keanekaragaman suku, budaya dan bahasa. Dari keanekaragaman yang ada di Indonesia inilah, masyarakat di Indonesia lebih dikenal sebagai masyarakat yang ramah dan selalu menghargai tradisi dan kebudayaan suku lain yang ada di Indonesia. Nilai luhur budaya di Indonesia merupakan cerminan lifestyle Indonesia, yang memang harus selalu dijaga secara turun temurun oleh masyarakat Indonesia pada umumnya, dan masyarakat daerah pada khususnya. Nilai luhur yang ada pada masing-masing budaya di Indonesia, pada umumnya selalu mengajarkan masyarakat akan kepentingannya budi pekerti, toleransi dan menghargai terhadap sesama maupun makhluk lainnya.

Dari nilai luhur yang telah mengakar pada budaya masyarakat Indonesia inilah, sudah selayaknya kita sebagai masyarakat modern yang tinggal di perkotaan, ikut melestarikan dan menjaga nilai luhur tersebut. Tidak hanya dengan melestarikan berbagai budaya yang ada, namun memahami makna dari budaya yang biasa dilakukan oleh masyarakat terdahulu, akan lebih menjadikan diri kita mengerti akan makna kehidupan yang sesungguhnya.

Berikut ini beberapa lifestyle Indonesia, yang pada umumnya banyak dilakukan oleh pendahulu kita berdasarkan budaya yang telah mengakar pada kehidupan yang mereka jalani dan wajib kita laksanakan sebagai bekal kehidupan yang lebih baik dimasa depan. Adapun beberapa lifestyle tersebut antara lain adalah:

  • Sedikit membungkukkan badan ketika lewat dihadapan orang yang lebih tua, baik itu kita kenal maupun tidak, sebagai bentuk penghargaan terhadap orang tersebut.
  • Menyapa dan memberikan senyum pada setiap orang yang ditemui.
  • Memberikan pertolongan bagi siapapun yang memang membutuhkan pertolongan.
  • Bersikap sopan dan menghargai terhadap semua kepentingan dan kepercayaan yang dianut oleh suku lain.
  • Mengerjakan berbagai hal yang ada di masyarakat dengan sistem gotong royong.

Sikap saling menghormati merupakan inti dari gaya hidup masyarakat Indonesia yang memang harus terus dilestarikan. Melalui sikap saling menghormati inilah, dapat tercipta sebuah kerukunan yang selalu menjadi lambang utama masyarakat Indonesia. Semakin menipisnya nilai penghormatan terhadap masyarakat lainnya saat ini, merupakan penyebab utama yang menjadi nilai provokasi di masyarakat Indonesia sehingga berbagai benturan banyak terjadi hanya karena hal-hal sepele yang seharusnya tidak patut menjadi pemicu bentrokan.

Sebagai masyarakat yang memang mencintai nilai kedamaian, sudah selayaknya kini kita kembali kepada lifestyle Indonesia dahulu, dimana penghormatan, toleransi menjadi tonggak utama dalam kehidupan. Segala perbedaan yang ada di Indonesia baik suku, agama, ras, adat dan kepercayaan merupakan perbedaan yang mewarnai Indonesia. Perbedaan penuh warna inilah yang menjadikan Indonesia terlihat lebih indah dan melalui perbedaan inilah nantinya kita akan saling mengenal dan menghargai segala sesuatu yang ada di negeri ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *