Tips Gaya Hidup Sederhana di Era Digital yang Bisa Anda Terapkan

Dijaman yang serba canggih ini, penggunaan teknologi merupakan sarana penting yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan manusia. Munculnya berbagai media sosial ditengah kehidupan masyarakat, seakan turut dimanfaatkan oleh para kaum pengusaha untuk dapat mempromosikan berbagai produk unggulan mereka kepada masyarakat luas. Dengan melihat promo inilah, terkadang naluri kita sebagai manusia tertarik dan ingin memiliki berbagai barang yang dipromosikan tersebut. Keinginan untuk membeli dan memiliki berbagai barang yang dipromosikan inilah, yang kemudian membuat kita terjebak dalam berbagai kesulitan keuangan ataupun kesulitan lainnya. Untuk menghindari hal tersebut gaya hidup sederhana memang harus selalu diterapkan dalam kehidupan kita.

Membuat daftar prioritas kebutuhan bulanan, merupakan hal wajib yang harus kita lakukan, agar nantinya kita tidak terjebak dalam pembelian barang yang banyak ditawarkan melalui media sosial ataupun media lainnya. Membuat plot-plot anggaran sesuai dengan prioritas kebutuhan bulanan kita, memang sebaiknya Anda lakukan agar budget yang Anda miliki tidak lari kemana-mana, tanpa adanya tujuan yang jelas. Plot budget inilah yang nantinya akan mengontrol sistem keuangan bulanan yang kita miliki.

Selain menetapkan plot anggaran bulanan, hal lain yang dapat Anda jadikan sebagai tips untuk gaya hidup sederhana dalam hidup Anda, antara lain adalah:

  • Tidak membeli barang yang memang tidak terlalu dibutuhkan, jika Anda membutuhkan barang hanya untuk sekali pakai, maka untuk menghemat pembiayaan, Anda dapat memperolehnya dengan cara menyewa barang tersebut.
  • Tidak terlalu membiasakan diri untuk makan diluar alias jajan diluar rumah. Menyantap makanan masakan rumah, akan lebih dapat menghemat budget pembelanjaan yang Anda lakukan dan lebih menyehatkan bagi tubuh.
  • Menghemat penggunaan air dan listrik, dengan mematikan listrik jika memang tidak diperlukan.
  • Membiasakan diri untuk selalu menabung dari sisa-sisa pembelanjaan ataupun sisa uang dari plot kebutuhan, yang memang memiliki sisa.

Selain hal dan tips diatas, menjaga pola makan dan pola hidup sehat, juga akan dapat menghemat budget pengeluaran Anda dalam hal kesehatan. Meskipun terlihat tidak terlalu berpengaruh dalam sisi keuangan bulanan, namun sakit yang diderita seseorang akan dapat mengakibatkan dikeluarkannya dana atau budget khusus untuk berbagai keperluan terkait dengan penyembuhan kondisi badan.

Meskipun terkesan lebih hemat, namun Anda tetap dapat melakukan rekreasi bersama dengan keluarga, sesuai dengan budget yang memang telah ditetapkan. Gaya hidup sederhana bukan berarti Anda harus menjadi sangat irit dan pelit dalam berbagai hal. Gaya hidup hemat akan lebih bermanfaat bagi kehidupan Anda dan keluarga. Oleh karenanya terapkanlah gaya hidup sederhana sedini mungkin, agar nantinya Anda dapat merasakan kebahagiaan dan ketentraman hidup di era digital yang memang banyak menawarkan kemewahan yang justru menjebak kita.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *