Cara Sehat a la Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier beberapa waktu lalu pernah membuat gempar dengan memperkenalkan cara sehat dengan diet OCD atau Obsessive Corbuzier Diet. Banyak orang yang mulai mengikuti cara Deddy untuk diet ini dan berhasil, namun tak sedikit yang mencobanya namun gagal.

Kegagalan ini bukan karena cara sehat yang ditawarkan oleh Deddy salah, akan tetapi adanya kesalahan dari pelaku diet dalam pola dan penerapan OCD serta konsistensi dari pelaku diet untuk melaksanakan OCD. Dan berikut ini adalah cara yang tepat melakukan OCD agar menjadi sehat dan memiliki tubuh ideal:

Baca juga: Cara Sehat Dengan Mengganti Gula Yang Aman Dan Alami

  1. Puasa 16 Jam, Jendela Makan 8 Jam

Dalam OCD ada beberapa jenis yang bisa dijadikan pilihan, khususnya dalam hal pemilihan waktu makan. Untuk pemilihan puasa 16 jam, maka sisa 8 jam kita diperbolehkan untuk makan apa saja. Sedangkan untuk puasa 16 jam kita masih diperbolehkan minum, akan tetapi minuman yang tak berkalori, contohnya seperti air putih. Misalnya, OCD dimulai pukul 2 siaang, maka kita bebas makan hingga pukul 10 malam, dan sisanya kita puasa hanya minum air putih. Untuk jendela makan 8 jam ini cocok bagi pemula dan dilakukan selama kurun waktu 1-2 minggu sampai tubuh bisa beradaptasi, baru kemudian naik ke level berikutnya.

  1. Puasa 18 Jam,  Jendela Makan 6 Jam

Untuk cara kedua ini, caranya hampir mirip dengan yang pertama, akan tetapi untuk waktunya saja yang berbeda, yaitu dengan melakukan puasa selama 18 jam, kemudian makan sepuasnya 6 jam. Misalnya memulai OCD pada pukul 2 siang, maka waktu untuk bebas makan hingga pukul 8 malam, dan waktu sisa lainnya adalah puasa. Apabila jendela makan yang pertama sudah bisa dilakukan dengan baik, bisa naik level ke jendela makan kedua.

  1. Puasa 20 Jam, Jendela Makan 4 Jam

Pada jendela makan yang ketiga ini, jendela makan semakin terbatas. Misalnya memulai jendela makan pukul 2 siang, maka waktu bebas makan hanya sampai pukul 6 sore saja, dan waktu lainnya harus puasa dan hanya boleh minum yang tak berkalori. Apabila ketika melakukan jendela makan yang ketiga ini terasa berat, dapat dikombinasikan dengan melakukan jendela makan ke-1 atau ke-2.

  1. Puasa 24 Jam

Puasa 24 jam ini bukan berarti hanya minum air putih saja selama 24 jam, akan tetapi kita hanya diperbolehkan makan satu kali saja dalam sehari, misalnya hanya makan pukul 12 siang saja. Untuk jendela makan seperti ini cukup dilakukan 1-2 kali seminggu saja sebagai selingan dan sesuaikan dengan kemampuan tubuh.

Itulah cara sehat a la Deddy Corbuzier yang bisa dipraktekkan, selain menjalani OCD, jangan lupa untuk berolahraga agar tubuh makin bugar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *