Tips Sehat a la Rasulullah SAW

Rasulullah SAW dikenal sebagai manusia yang selalu sehat, seumur hidup, Rasulullah jarang sakit. Rasulullah SAW hanya pernah sakit dua kali. Pertama, saat diracun wanita Yahudi, kedua saat menjelang wafat. Kenapa Rasulullah SAW memiliki tubuh yang sehat? Hal ini karena beliau selalu menjaga kesehatannya, dan berikut ini adalah tips sehat Rasulullah SAW:

  1. Cepat Tidur dan Cepat Bangun

Tips sehat yang pertama adalah tidak begadang. Apabila sudah waktunya tidur, maka Rasulullah SAW akan segera tidur karena Rasulullah tidak suka begadang. Kemudian, Rasulullah SAW akan bangun kembali di sepertiga malam untuk melaksanakan shalat malam.

  1. Sering Berpuasa

Rasulullah SAW kerapkali melaksanakan puasa di luar puasa bulan Ramadhan. Puasa ini sangat bermanfaat karena bisa menyembuhkan beragam penyakit seperti diabetes, hipertensi, jantung, asma, liver, pencegahan penyakit paru-paru dan lain sebagainya.

  1. Tidak Pemarah

Rasulullah SAW adalah pribadi yang jarang marah, dan jiwa yang jarang marah akan menyehatkan tubuh.

  1. Menjaga Kebersihan

Rasululllah SAW selalu menjaga kebersihan, setiap kamis atau jumat, Rasulullah SAW selalau memotong kuku, mencukur rambut halus di pipi, bersiwak, dan menggunakan minyak wangi. Rasulullah juga selalu menjaga kebersihan mulut serta gigi dengan menggunakan siwak.

  1. Menjaga Pola Makan

Rasulullah SAW selalu menjaga makannya dan tidak pernah makan sembarangan. Di pagi hari, Rasulullah minum air yang dicampur madu, kemudian saat siang, makan 7 buah kurma, saat malam hari, Rasulullah mengkonsumsi sayuran. Setelah makan, biasanya Rasulullah tidak langsung tidur, akan tetapi beraktivitas dulu agar makanan yang dimaka masuk ke lambung sehingga lebih cepat dicerna.

  1. Berolahraga

Rasulullah SAW sangat rajib berolahraga, beragam jenis olahraga yang dilakukan beliau seperi memanah, berkuda, lari, serta gulat.

  1. Bersosialisasi

Rasulullah SAW mempunyai banyak sahabat dan selalu menjaga silaturrahim dengan tetangga serta karib kerabat. Bersosialisasi ini juga termasuk cara Rasulullah menjaga kesehatan. Dalam sebuah studi yang dilakukan di Harvard School of Public Health, melakukan penelitian pada pria berusia 70-an tahun. Mereka yang mempunyai hubungan sosial baik dengan masyarakat ternyata memiliki kemungkinan lebih kecil menderita penyakit jantung.

  1. Berbekam

Selain mengkonsumsi madu, Rasulullah juga menjaga kesehatannya dengan berbekam, sehingga darah kotor dalam tubuh bisa keluar.

  1. Tidak Makan Berlebihan

Rasulullah SAW selalu makan secukupnya, makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

  1. Makan Sambil Duduk

Rasulullah SAW tidak pernah makan dan minum sambil berdiri, Rasulullah selalu makan sambil duduk. Ternyata menurut dunia medis, makan dan minum sambil duduk adalah posisi terbaik, karena dalam posisi ini rongga dalam lambung lebih terbuka sehingga makanan dan miuman lebih mudah dicerna.

Itulah tips sehat a la Rasulullah SAW yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar tubuh mejadi sehat, bugar, dan jarang sakit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *