Lifestyle Indonesia di Pedesaan

Wilayah di Indonesia masih didominasi dengan desa, oleh karena itu gaya hidup masyarakat di desa pun berbeda dengan masyarakat yang ada di kota. Lifestyle Indonesia di pedesaan bisa dilihat dari ciri-ciri berikut ini:

  1. Pola Hidup Sederhana

Lifestyle Indonesia yang bisa dilihat dari masyarakat desa adalah pola hidup sederhana yang dijalani, masyarakat desa lebih cenderung hidup apa adanya meski memiliki sawah dan tanah yang luas. Masyarakat desa terbiasa untuk berjalan kaki dan tidak menggunakan motor atau mobil, masyarakat desa juga lebih suka makan dari hasil tanaman sendiri dibandingkan harus makan di rumah makan. Bagi masyarakat desa membeli baju baru setiap bulan bukanlah suatu keharusan, yang terpenting adalah baju yang dikenakan itu nyaman dan masih bisa digunakan.

  1. Bergantung pada Alam

Pekerjaan masyarakat desa biasanya adalah bertani atau berternak, oleh karena itu kehidupan sehari-hari masyarakat desa pun ditunjang dengan hasil pertanian dan hasil peternakan. Dari makanan sehari-hari dan bahan untuk membuat rumah semua berasal dari alam. Maka tak heran jika masyarakat desa lebih sehat karena lebih banyak mengkonsumsi makanan dari alam.

  1. Hubungan dengan Warga Lebih Dekat

Hubungan masyarakat desa memang akrab antara satu sama lain, bahkan bisa dibilang satu warga desa itu saling mengenal. Hal ini terjadi karena warga desa seringkali berinteraksi, entah itu dalam acara hajatan kampung, gotong royong membangun jalan, atau bisa juga tatkala pergi ke sawah saling menyapa jika berpapasan. Oleh sebab itu, para warga desa selalu saling tolong menolong apabila ada tetangga yang membutuhkan bantuan.

  1. Adat Istiadat dan Norma Dijunjung Tinggi

Adat istiadat dan norma masyarakat desa masih sangat dijunjung tinggi. Banyak acara-acara adat yang masih rutin dilaksanakan, misalnya pernikahan dengan adat, upacara kehamilan dengan adat, hingga upacara kematian atau mengirim doa yang masih lekat dengan adat istiadat, dari urutan acara, bahkan hingga makanan yang disajikan mengandung filosofi mendalam yang turun temurun dari para leluhur. Sopan-santun juga dijunjung tinggi oleh masyarakat desa, apabila terlihat ada perilaku yang tidak sopan dan tidak sesuai dengan norma yang ada, maka sanksi sosial hingga sanksi adat akan diberlakukan.

  1. Religius

Religiusitas masyarakat di desa juga masih kuat, misalnya beragam pengajian rutin selalu banyak yang hadir, mushola dan masjid pun tak pernah sepi. Ramai dan riuh anak-anak yang mengaji juga masih banyak sekali. Hal ini karena masyarakat desa begitu kuat agamanya, karena bagi mereka agama adalah hal pokok dalam hidup yang harus menjadi pegangan selama menjalani kehidupan di dunia.

Itulah lifestyle Indonesia di pedesaan yang masih begitu kental dan terjaga sehingga kini bagi masyarakat kota yang bosan dengan kehidupan kota banyak yang memilih untuk berlibur di desa yang sederhana dan jauh dari hingar bingar modernitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *