Tips Gaya Hidup Sederhana untuk Anak Kost

Menjadi anak kos memang banyak lika-likunya apalagi jika uang kiriman dari orangtua sudah habis di tengah bulan sedangkan kiriman dari kampung halaman masih harus menunggu bulan depan. Oleh karena itu anak kos harus bisa hidup sederhana agar uang saku cukup selama sebulan dan berikut ini adalah tips gaya hidup sederhana yang bisa dilakukan oleh anak kost:

  1. Belanja di Pasar

Berbelanja di supermarket memang menyenangkan dan lebih mudah akan tetapi apabila ingin hidup hemat, lebih baik berbelanja ke pasar karena lebih murah dan bisa menawar barang. Bawa uang secukupnya agar tidak tergiur untuk membeli barang-barang lainnya yang tidak dibutuhkan.

  1. Untuk Beberapa Barang Bisa Beli Secara Online

Apabila menginginkan suatu barang, tak ada salahnya untuk survei terlebih dahulu di toko-toko online. Apalagi jika ternyata harga di toko online lebih murah karena merupakan distributor atau website toko resmi. Membeli barang secara online bisa menghemat uang transportasi saat belanja yang biasanya lebih mahal dibandingkan ongkos kirim toko online.

  1. Tak Perlu Makan di Cafe

Makan di cafe memang seperti sudah menjadi suatu cara untuk memperlihatkan eksistensi, apalagi jika kemudian foto-foto ketika makan diupload di media sosial. Akan tetapi menjadi anak kos tak perlu hidup bermewahan dengan nongkrong di cafe atau coffe shop yang harga makanan dan minumnya jauh lebih mahal dibandingkan makanan di warung tegal. Tak perlu gengsi makan di warteg atau kantin kampus karena makan itu yang penting enak dan kenyang.

  1. Belanja ke Minimarket Saat Ada yang Dibutuhkan Saja

Apabila ingin ke mnimarket sebaiknya saat ada benda yang dibutuhkan saja, apabila memang tidak ada yang dibutuhkan sebaiknya tidak perlu ke minimarket tapi cukup ke warung kelontong saja. Masuk ke minimarket dimana konsumen bisa mengambil sendiri barang yang diinginkan tentunya sangat menggiurkan, sehingga apapun benda yang dipajang rasanya egitu dibutuhkan padahal itu hanya kebutuhan sesaat. Oleh sebab itu kalaupun ingin pergi ke minimarket bawa uang secukupnya saja.

  1. Menarik Uang di ATM Secara Mingguan

Berikan jatah pada diri sendiri secara berkala. Ambil uang secara berkala, dan terapkan aturan berapa jatah uang yang bisa digunakan untuk satu minggu.

  1. Masak Sendiri

Tips gaya hidup sederhana untuk anak kos selanjutnya adalah masak makanan sendiri apabila tidak bisa memasang lauk dan sayuran, minimal masak nasi saja dan kemudian membeli lauk dan sayur.

  1. Gunakan Wifi

Untuk menghemat anggaran pulsa internet, sebaiknya gunakan fasilitas Wifi yang tersedia di kampus atau di tempat-tempat umum sehingga bisa berselancar di dunia maya sepuasnya, termasuk juga bisa mengunduh film atau musik secara gratis.

Itulah tips gaya hidup sederhana yang bisa diterapkan oleh anak kos, sehingga uang bulanan bisa dihemat hingga satu bulan lamanya sebelum datang kiriman uang saku dari orangtua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *