Ciri-ciri Gaya Hidup Masyarakat Modern

Berbeda dengan kehidupan masyarakat beberapa dekade lalu, kehidupan masyarakat abad 21 masuk dalam kategori modern. Gaya hidup masyarakat modern memiliki ciri-ciri khusus sebagai berikut:

Baca juga: Gaya Hidup Masyarakat Jepang Yang Wajib Ditiru

  1. Mementingkan Status

Masyarakat modern kerapkali lebih mementingkan status atau penampilan. Misalnya ketika mengukur diri atau melihat orang lain, lebih mementingkan melihat barang-barang yang digunakannya, seperti mobil, ponsel, tas, sepatu, dan lain sebagainya.

  1. Nongkrong di Tempat Gaul

Saat ini salah satu ikon gaya hidup masyarakat modern adalah keberadaan kafe yang sering jadi tempat nongkrong. Masyarakat modern kini suka menghabiskan waktu untuk nongkrong di kafe yang dianggap sebagai tempat gaul untuk bersosialisasi atau melepas kepenatan. Bahkan sejak kehadiran media sosial, datang ke kafe sebagai bentuk aktualisasi diri dan dijadikan latar foto lalu diunggah ke sosial media agar dianggap keren dan gaul.

  1. Semua Serba Instan

Masyarakat modern menyukai segala sesuatu yang instan, baik itu dalam hal perangkat atau piranti yang digunakan sehari-hari termasuk juga makanan yang saat ini banyak yang instan atau disebut fastfood.

  1. Tidak Bisa Lepas dari Gadget

Bagi masyarakat modern, keberadaan gadget, gawai, atau ponsel sangatlah penting. Kemanapun pasti membawa ponsel, pagi-pagi barang yang dicari pertama kali adalah ponsel, begitu juga ketika malam sebelum tidur, pasti yang dipegang sebelum tidur adalah gadget. Apalagi saat ini banyak aplikasi menarik dan game-game menarik yang bisa dimainkan, selain itu keberadaan internet juga membuat masyarakat ak bisa lepas dari ponsel.

  1. Internet sebagai Kebutuhan

Kebutuhan pokok bagi masyarakat modern bukan hanya pakaian, makanan, dan tempat tinggal saja, akan tetapi juga internet. Internet seperti nafas tambahan yang apabila tidak ada maka akan kebingungan. Bahkan tak jarang seseorang rela pergi ke kafe dan hanya membeli minuman dengan tujuan untuk mendapatkan wifi gratis.

  1. Aktif Sosial Media

Saat ini ada beragam jenis sosial media, dari facebook, twitter, path, instagram dan lain sebagainya. Masyarakat modern sangatlah aktif di sosial media, bahkan menurut penelitian, masyarakat Indonesia adalah masyarakat paling aktif dalam bersosial media. Setiap orang bisa memosting beberapa foto atau beberapa status dalam satu hari. Bahkan postingan tersebut tak hanya di satu sosial media saja, namun bisa di beberapa sosial media, apalagi kini antara akun sosial media pun saling terhubung, sehingga sekali posting, pengguna bisa langsung eksis di beberapa sosial media sekaligus. Apalagi jika tidak membuka sosial media sehari saja, masyarakat modern seolah merasa ketinggalan berita yang sedang hitz dan up to date.

Itulah beberapa ciri dari gaya hidup masyarakat modern yang saat ini sangat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Meski begitu ada beberapa aktifitas masyarakat modern yang perlu diperbaiki khususnya mengenai sosialisasi. Seyogyanya, masyarakt modern tetap menjaga hubungan dan tetap bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, tak hanya bersosialisasi di dunia maya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *