Tips Gaya Hidup Hemat di Jepang

Sudah menjadi rahasia umum jika Jepang menjadi negara yang memiliki biaya hidup paling tinggi di dunia. Oleh karena itu apabila hidup di Jepang harus bisa menjalani kehidupan sehari-hari dengan cermat dan hemat, khususnya dalam hal pengelolaan uang. Dan berikut ini adalah tips gaya hidup hemat di Jepang yang bisa dijadikan referensi:

Baca juga: Tips Gaya Hidup Hemat Yang Menyenangkan

  1. Anggaran Konsumsi

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghemat anggaran konsumsi adalah dengan memasak sendiri. Ada trik agar bisa mendapatkan bahan makanan yang murah, yaitu membelinya ketika toko atau supermarket hendak tutup. Lebih baik belanja di pasar atau supermarket grosir karena harga barangnya jauh lebih murah, apalagi jika belanja dilakukan saat sale. Untuk minuman, air kran di Jepang bisa langsung diminum sehingga tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli air mineral.

  1. Anggaran Pakaian

Pakaian di Jepang memang harus disesuaikan dengan empat musim yang ada sehingga membutuhkan anggaran yang lebih. Namun jika ingin mendapatkan baju yang murah, bisa melakukan tips gaya hidup hemat dengan membeli baju ketika sale di akhir musim yang mana baju-baju dijual murah.

  1. Anggaran Tempat Tinggal

Untuk mahasiswa yang tinggal di Jepang bisa tinggal di asrama yang disediakan kampus. Keuntungan tinggal di asrama ini tentunya memiliki harga sewa yang lebih murah, dan perlengkapan rumah tangga juga sudah disediakan. Sedangkan untuk yang bekerja, bisa menyewa apato atau apartemen bersama teman, pilih yang ukurannya tidak terlalu luas, dan untuk mengisi perlengkapan rumah tangga, bisa membeli di toko barang bekas yang harganya murah, apabila membeli di toko recycle harus pintar memilih barang agar bisa mendapatkan barang bekas yang bagus dan berkualitas.  

  1. Anggaran Transportasi

Untuk transportasi di Jepang tentunya sudah modern, bisa dengan naik subway atau bus, dan untuk transportasi di sekitar tempat tinggal bisa menggunakan sepeda yang bisa dibeli di toko barang bekas.

  1. Anggaran Hobi

Menjalani hobi di Jepang bisa banyak pilihan, untuk yang memiliki hobi berpetualang, ada banyak objek di jepang yang menyediakan tiket-tiket murah. Sedangkan bagi yang hobi berolahraga, bisa menggunakan banyak fasilitas olahraga yang biayanya terjangkau.

  1. Anggaran Komunikasi

Untuk anggaran komunikasi, sebaiknya pilih telepon genggam yang menyediakan fasilitas sms gratis untuk 24 jam serta tarif gratis untuk telpon setiap harinya. Namun untuk berkomunikasi dengan keluarga atau sahabat di tanah air, sebaiknya pilih menggunakan fasilitas wifi gratis saja, sehingga bisa menggunakan aplikasi chat atau video call.  

Itulah tips gaya hidup hemat di Jepang yang bisa diaplikasikan. Hidup di Jepang memang harus hemat dan cermat, oleh karena itu, segala fasilitas yang gratis dan murah harus dimanfaatkan semaksimal mungkin agar bisa menjalani hidup dengan baik, sehat dan teratur di negeri sakura ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *