Info Gaya Hidup Sehat untuk Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang dapat menggerogoti tubuh secara perlahan-lahan. Sistem imun tubuh yang lemah tentu membuat para penderita diabetes harus lebih aware, peduli, dan lebih berhati-hati dalam menjalankan hidupnya. Berikut ini akan dibahas mengenai info gaya hidup sehat untuk para penderita diabetes.

Olahraga yang Teratur

Penderita diabetes biasanya memiliki masalah dari segi berat badan. Agar lebih seimbang, para penderita diabetes disarankan untuk berolahraga secara teratur setiap hari, setidaknya selama tiga puluh menit setiap harinya. Selain dapat menjaga bentuk tubuh dan berat badan, olahraga secara teratur juga akan membantu para penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula darah. Namun sayangnya, tidak semua penderita diabetes mau menyempatkan waktu untuk berolahraga, dengan alasan kesibukan atau tidak ada teman. Agar dapat berolahraga secara rutin, info gaya hidup yang dapat diterapkan adalah dengan mengajak anggota keluarga lain (yang tentu juga rentang terkena diabetes) untuk berolahraga bersama-sama.

Hindari Penyedap Rasa Makanan

Bukan hanya gula yang berbahaya bagi pengidap diabetes, melainkan juga penyedap rasa makanan seperti MSG dan garam dalam kadar yang berlebihan. Jika memang ingin mengolah / memasak makanan agar rasanya tidak hambar, manfaatkanlah penyedap rasa alami, seperti bawang merah, bawang putih, merica, dan aneka bumbu masakan alami lainnya yang tentu aman bagi tubuh.

Info gaya hidup sehat agar makanan lebih terjaga dan aman, susunlah menu makanan yang akan dikonsumsi sehari-hari, setidaknya dalam seminggu ke depan. Dengan menyusun menu makanan, penderita diabetes akan dapat mengontrol dan mempertimbangkan asupan gizi yang akan diterima tubuhnya. Selain itu, dengan menyusun menu makanan, penderita diabates akan membatasi konsumsi makanannya, sehingga tidak makan secara berlebihan.

Hindari Minuman Bersoda dan Mengandung Pemanis Buatan

Selain harus menjaga makanan yang dikonsumsinya, penderita diabetes juga harus memperhatikan minuman yang akan diminumnya. Hindarilah minuman bersoda dan minuman yang mengandung pemanis buatan, seperti sirup dan minuman energi yang dijual dalam bentuk kemasan kaleng.

Memeriksa Kadar Gula Secara Rutin

Para penderita diabetes harus memeriksa kadar gula darahnya secara rutin, paling tidak seminggu sekali. Akan lebih baik jika kadar gula diperiksa setiap pagi. Setiap penderita diabetes harus mengetahui renbtang kadar gula yang aman bagi dirinya, sehingga dapat mengetahui apakah kadar gulanya sudah melampaui batas atau tidak. Dengan memeriksa kadar gula darah secara rutin, para penderita diabetes juga dapat menyusun menu yang disesuaikan dengan kadar gula darahnya.

Itulah info gaya hidup sehat untuk para penderita diabetes. Terlanjur terjangkit diabetes bukan berarti para penderita diabetes harus menyerah begitu saja. Membiasakan diri untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat akan membuat peluang hidup menjadi lebih besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *