Mengenal Gaya Hidup Islami

Sebagai orang Islam, merupakan sebuah keniscayaan untuk menjaga tingkah laku dan pergaulan dalam kehidupan sehari-hari. Islam merupakan agama yang damai, dan sudah selayaknyalah jika orang-orang Islam memberikan kedamaian kepada orang-orang di sekitarnya. Rasulullah Saw. mengajarkan kepada kita bagaimana hendaknya berperilaku dan bergaul dalam kehidupan sehari-hari. Rasulullah dikenal sebagai orang yang ramah, pandai bergaul, dan tidak jarang meliau juga bercanda. Rasulullah merupakan sosok yang selalu tersenyum ketika berjumpa dengan para sahabat-sahabatnya. Bercermin dari akhlak Rasulullah, inilah beberapa gaya hidup Islami yang perlu diterapkan setiap orang Islam dalam kehidupan dan pergaulan dalam masyarakat.

Baca juga: Gaya Hidup Islami Yang Dianjurkan Karena Bisa Membuat Hidup Lebih Bahagia

Memakai Pakaian yang Sopan dan Menutup Aurat

Tampilan seseorang akan menunjukkan sifat dan pembawaannya. Oleh sebab itu, setiap muslim hendaknya menerapkan gaya hidup Islami dengan cara memakai pakaian yang pantas, sopan, dan diutamakan yang menutup aurat. Rasulullah Saw. menyukai penampilan yang rapi. Diriwayatkan, suatu hari Rasulullah menjumpai orang yang rambutnya gondrong tidak disisir. Rasulullah nampak tidak terlalu berkenan dengan penampilan orang tersebut. Keesokan hariny, Rasulullah kembali berjumpa dengan lelaki berambut gondrong tersebut namun kali ini rambutnya tersisir rapi, dan Rasulullah tersenyum menyapa lelaki gondrong tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa Rasulullah menyukai penampilan yang rapi.

Memilih Pergaulan yang Positif

Di dalam Islam, bergaul dengan orang-orang saleh merupakan salah satu anjuran dan bahkan dapat dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit hati. Pandai-pandailah dalam bergaul, sebab teman yang baik akan membawa kita kepada kebaikan, dan sebaliknya teman yang buruk akan menjerumuskan kita kepada keburukan. Sebaik-baiknya teman adalah teman yang sholeh, yaitu teman yang beriman kepada Allah dan menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Jika bisa, bertemanlah dengan orang-orang ahli ibadah, orang-orang yang dalam ilmunya terutama ilmu agamanya, dan orang-orang yang banyak meluangkan waktunya untuk menyebarkan dan menyampaikan agama Allah.

Menjaga Perilaku dan Tutur Kata

Selamatnya seorang manusia, adalah tergantung dari bagaimana ia menjaga lisannya. Lidah seumpama pedang yang dapat melukai orang lain jika kita tidak bertutur kata yang baik dan sopan. Rasulullah Saw bersabda: “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir (kiamat), maka berkatalah yang baik-baik, atau lebih baik diam”. Oleh sebab itu, menjaga tutur kata merupakan bentuk hidup Islami yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya menjaga tutur kata, menjaga perilaku pun sangat penting.

Menjalankan Perintah Tuhan dan Menjauhi Larangan-Nya

Semua poin-poin yang disebutkan di atas tidak akan lengkap bahkan menjadi sia-sia jika kita tidak menjalankan perintah-perintah Tuhan dan menjauhi segala larangan-Nya. Sebab gaya hidup Islami yang paling sejati adalah ketika seorang Islam mampu menjalankan kewajibannya dan meninggalkan larangan-larangan agama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *