Lifestyle Indonesia yang Unik

Gaya hidup masyarakat dunia memang bermacam-macam, termasuk gaya hidup masyarakat Indonesia yang memiliki keunikan. Lifestyle Indonesia yang unik memang kerap kali mendapat perhatian dari masyarakat dunia, apa sajakah gaya hidup masyarakat Indonesia itu?

  1. Kreatifitas Tinggi dalam Hal Modifikasi

Masyarakat Indonesia dikenal mempunyai kreatifitas yang sangat tinggi dalam hal memodifikasi suatu barang. Misalnya becak yang digabungkan dengan motor, kreatifitas dalam memodifikasi bangunan, dan memodifikasi beragam barang hingga layak guna dan layak pakai sehingga bisa membantu kehidupan sehari-hari.

  1. Gotong Royong yang Begitu Kental

Lifestyle Indonesia yang unik dan begitu lekat adalah gotong royong. Masyarakat Indonesia memilikki jiwa sosial tinggi dan selalu saling bahu membahu dan saling membantu, termasuk juga ketika membangun rumah, ketika memiliki gawe atau acara pengantin dan lain sebagainya, khususnya di desa-desa rasa kekeluargaan masih erat dan kental.

  1. Saling Bertegur Sapa dan Tersenyum

Masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan untuk saling tersenyum dan saling menyapa, meskipun itu terhadap orang asing atau orang yang tak dikenal. Menyapa adalah sesuatu hal yang wajar dan sudah menjadi kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari. Tersenyum dan saling bertegur sapa bisa menambah keakraban antar anggota masyarakat sehingga persatuan dapat terjalin lebih erat.

  1. Belum Makan Jika Belum Makan Nasi

Keunikan lain dari gaya hidup masyarakat Indonesia adalah memandang nasi sebagai makanan utama. Belum dikatakan makan apabila belum makan nasi. Rasanya belum puas dan kenyang apabila hanya makan biskuit, roti atau buah-buahan saja.

  1. Boncengan Bertiga

Hal ini memang termasuk kebiasaan yang buruk atau gaya hidup buruk, namun ini memang ada di Indonesia yaitu kebiasaan untuk boncengan motor bertiga atau bahkan berempat. Meskipun tahu jika ini merupakan sebuah pelanggaran lalu lintas, akan tetapi banyak masyarakat yang tetap berboncengan tiga dengan alasan lebih efisien. Bahkan, tak jarang mereka memandang ini sebagai sebuah gaya-gayaan dan sikap keren yang dilakukan oleh anak muda, khususnya para abege.

  1. Jam Karet

Masyarakat Indonesia sangat identik dengan jam karet, bukan hanya di kalangan masyarakat, namun juga hingga pejabat. Maka dari itu, tidaklah heran ketika dalam sebuah undangan acara tertulis pukul 08.00 WIB, namun acara baru dimulai pukul 08.30 WIB atau bahkan pukul 09.00 WIB. Hal ini sudah menjadi pemakluman dari masyarakat, dan menganggap bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang biasa terjadi. Kebiasaan ini memang tidaklah baik, dan seharusnya dihilangkan, akan tetapi karena sudah mengakar jadi sulit untuk diubah.

Itulah beberapa lifestyle Indonesia yang unik dan khas. Ada beberapa yang merupakan gaya hidup buruk dan harus diubah oleh masyarakat Indonesia agar masyarakat Indonesia bisa menjadi lebih baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *